Cara membuat watermark di PowerPoint 2013 & 2016

Cara membuat watermark di Microsoft PowerPoint. Di ppt versi 2013 ataupun 2016 tidak fitur khusus untuk membuat watermark. Tetapi anda tidak perlu kuatir, anda masih tetap dapat membuat watermark dengan mudah.

Untuk menambahkan watermark gambar anda dapat memanfaatkan fitur background dan mengubah pengaturan offset slide, sedangkan untuk watermark yang berupa teks anda bisa menambahkan text box pada slide masternya. Berikut detailnya.

Cara menyisipkan watermark berupa teks

Tahap 1
Buka slide presentasi anda. Kemudian anda klik tab VIEW dan klik Slide Master. Setelah itu anda akan melihat muncul tab baru yaitu tab Slide Master dimana anda bisa melihat elemen apa saja yang ada pada slide anda.
Cah Ngrupit

Tahap 2
Selanjutnya anda klik tab Insert dan klik Text box. Klik di area slide dan ketikkan teks yang akan dijadikan watermark. Selesai mengetikkan teks watermark, langsung klik text box tersebut (tepat di garis tepinya). Lalu klik kanan mouse dan klik Sent to Back.

Tahap 3
Kemudian anda klik lagi text box anda dan klik kanan mouse, lalu pilih Format Shape. Muncul panel di sisi kanan jendela PowerPoint. Selanjutnya klik Text Option. Pada bagian text fill silahkan anda pilih Solide Fill, pada bagian color pilih warna yang diinginkan dan juga atur transparency text.
Cah Ngrupit

Tahap 4
Selain itu anda juga bisa merotasi text box seperti anda merotasi gambar (shape) pada umumnya. Terakhir anda klik tab Slide master dan klik tombol Close Master View. Selesai. Anda bisa mengedit kembali text box pada tampi;an Slide master.

Cara menambahkan watermark gambar

Silahkan anda klik salah satu slide, kemudian anda klik kanan mouse dan pilih format background. Setelah panel format background muncul, anda bisa klik Fill.
Cah Ngrupit

Lalu anda klik Picture or texture fill. Berikutnya anda klik tombol file dan pilih gambar yang akan digunakan sebagai watermark dari komputer anda. Seusai insert gambar  langsung kembali pada panel, silahkan anda atur Transparency gambar tersebut. Pada bagian offset anda bisa mengatur posisi gambar (Offset X dan Offset Y).

Terakhir apabila anda ingin mengaplikasikan gambar tersebut pada seluruh slide maka anda bisa mengklik tombol Apply to All pada panel. Selesai.

Comments

Related content