Cara menyimpan hasil rendering pada SketchUp

Cara menyimpan hasil render di program Google SketchUp cukuplah mudah. Apabila anda sudah terbiasa menerapkan material tertentu dan melakukan perenderan pada model yang telah anda buat, maka menyimpan hasil render tentu akan menjadi hal sangat mudah untuk anda. Berikut detail caranya;

Cara simpan hasil render 

Langkah pertama

Langsung anda buka file SketchUp (.skp) anda. Yang mana dalam file tersebut anda telah membuat gambar dan mengaplikasikan material-material tertentu sesuai kebutuhan anda yang melibatkan V-Ray. Atau jika anda belum mempunyai model yang akan dirender, maka anda dapat mendesainnya terlebih dahulu.

Langkah kedua

Setelah itu anda lakukan tahapan perenderan. Caranya anda klik tool Start Render (tool ini berupa icon R) yang ada pada toolbar VfS: Main Toolbar. Apabila anda kesulitan menemukan tool Start Render, maka anda bisa mengklik menu Extension pada toolbar. Lalu anda klik V-Ray, berikutnya klik opsi Render.
Cah Ngrupit

Kemudian muncul jendela V-Ray frame buffer, silahkan anda tunggu hingga proses perenderan selesai 100%. Setelah itu pada jendela V-Ray frame buffer, anda klik tool Save Image (tool ini berupa icon disket alias floppy disk) pada toolbar.
Cah Ngrupit

Langkah ketiga

Selanjutnya muncul jendela Choose file, dimana anda dapat memilih di folder mana anda ingin menyimpan file hasil render tersebut. Ingat baik-baik letak folder tersebut, jangan lupa juga untuk memaberi nama file (File name) dan memmilih tipe file (Save as type, misalnya JPEG). Terakhir anda klik tombol Save dan selesai.

Catatan:
Pastikan anda telah mengatur pilihan render yang sesuai dengan kebutuhan anda pada jendela V-Ray option editor. Untuk menampilkan jendela ini anda dapat mengklik menu Extensions, anda klik V-Ray , lalu anda klik Options.

Comments

Related content