Cara membuat id card di Microsoft Publisher 2010, 2013 & 2016

Cara membuat id card di publisher sangatlah mudah. Untuk membuatnya anda bisa memanfaatkan template business card atau pun membuatnya desainnya secara manual. Berikut detail caranya.

Langkah-langkah membuat id card dengan template

Langkah pertama – memilih template

Anda bisa memulai tahap ini dengan membuka program ms publisher yang ada di PC anda. Setelah itu anda klik kategori template “Business Card”. Tunggu beberapa saat dan anda akan melihat pilihan template business card yang cukup banyak. Silahkan anda klik salah satu template untuk memilihnya.
Cah Ngrupit
Catatan:
Apabila komputer anda tersambung ke jaringan internet, maka anda akan nelihat kotak Search (kotak pencarian template) aktif, begitu juga anda akan melihat pilihan Featured dan Built-In.

Apabila anda ingin mencari template di internet, maka anda bisa mengetikkan kata Business Card pada kotak search dan tekan enter. Selanjutnya anda kan melihat beberapa pilihan template yang tersedia online. Anda langsung klik salah satu untuk memakainya dan klik tombol Create.

Langkah kedua – pengaturan warna dan font (huruf)

Seusai anda mengklik kategori business card dan memilih template, maka langkah berikutnya adalah memilih warna untuk id card anda. Jika anda perhatikan di sisi kanan jendela publisher anda akan melihat panel Customize.
Cah Ngrupit
Pada panel tersebut anda dapat memilih Color scheme (warna template) dan juga font scheme (gaya huruf) pada id card anda. Ada banyak pilihan gabungan warna menarik  yang dapat diaplikasikan ke template yang telah dipilih.

Perlu anda tahu, anda tidak harus mengatur warna dan font pada tahap ini. Anda masih bisa mengubah tema warna dan font ketika template telah terbuka. Atau anda bisa menerapkan warna-warna khusus secara manual ketika template telah terbuka.

Langkah ketiga – tambahkan informasi bisnis (id) dan juga logo / foto

Masih pada panel Customize, di situ anda juga bisa menambahkan informasi dan juga logo (foto). Untuk menambahkan informasi bisnis anda dapat mengklik Business information, lalu klik Create New.

Setelah terbuka jendela Create New Business Information.. dimana anda dapat memasukkan seluruh informasi yang diperlukan. Seperti nama (individual name), posisi / jabatan (job position or title), memasukkan logo (add logo) dan sebagainya. Terakhir klik Save.

Satu hal yang penting, ketika anda ingin menambahkan logo (foto) pada id card maka pastikan anda telah mencentang kotak Include logo yang ada pada panel customize.

Langkah keempat - atur posisi id card

Selesai mengatur infomarmasi bisnis dan logo, pada panel yang sama anda bisa mengatur posisi id card di bagian bawahnya yaitu Options – Page size. Anda dapat memilih posisi portrait atau pun landscape.

Langkah kelima – akhiri pembuatan id card 

Setelah selesai dengan panel customize, maka anda dapat mengakhiri pembuatan id card dengan mengklik tombol Create. Dalam sekejap template untuk id card anda akan langsung terbuka, anda bisa langsung melanjutkan pengeditan template dengan menambahkan object lain, mengubah warna, informasi bisnis dan sebagainya.

Baca juga:
Cara membuat border di publisher
Cara menambahkan & mengedit informasi bisnis
Cara mengubah warna di Publisher
Cara menggambar di Publisher
Cara membuat background di Publisher

Langkah keenam – pengaturan printing

Id card telah selesai dibuat, berikutnya anda bisa mencetaknya. Sebelum mencetak anda harus menentukan berapa jumlah id card dalam satu halaman kertas tersebut.Caranya anda klik tab File, lalu klik Print. Selanjutnya pada bagian Copies of each page, anda bisa memasukkan angka.

Misalnya anda ingin dalam satu halaman kertas ada 8 id card, maka masukkan angka 8. Kemudian anda bisa melanjutkan pengaturan printing sesuai dengan kebutuhan seperti printer, ukuran kertas dan sebaginya. Terakhir anda klik Print dan selesai.

Langkah-langkah membuat id card secara manual

Buka ms publisher, lalu klik More blamk page size dan pilih folder Business card. Lalu pilih template kosong dengan ukuran yang anda butuhkan dan klik Create. Setelah template kosong terbuka anda dapat mulai mendesain id card anda secara manual. Selesai.

Comments

Related content