Cara membuat business card (kartu nama) di Microsoft Publisher 2010, 2013 & 2016

Cara membuat kartu bisnis (kartu nama) di publisher cukup mudah. Ada tiga cara yang bisa dipilih, menggunakan template Business card yang sudah terinstall pada program office, mendownload template business card atau anda bisa mendesainnya secara manual. Baca seluruh detail caranya tersebut di bawah.

Cara membuat kartu nama dengan template yang telah terinstall

Langkah pertama

Langsung buka program publisher di computer pribadi anda. Kemudian anda klik Built-In, bila anda tidak melihat tulisan Built-In maka anda tidak perlu mengklik Built-In. Selanjutnya anda klik folder template yang berjudul Business Cards. 
Cah Ngrupit

Informasi!

  • Jika program publisher sudah terlanjur terbuka, maka klik tab File dan klik New
  • Untuk computer & program office terhubung ke internet, maka anda akan melihat tulisan Featured dan Built-In. Dan untuk pengguna yang komputernya tidak terhubung ke internet maka anda tidak melihat baik tulisan Featured maupun Built-In. Apabila computer tidak terhubung ke internet, anda akan langsung melihat template Built-In terbuka, jadi langsung melihat berbagai macam folder template.

Langkah kedua

Lalu beberapa template kartu nama yang telah terinstall di computer akan langsung terbuka. Silahkan anda pilih desain business card yang anda sukai. Perhatikan panel disisi kanan jendela publisher, anda akan melihat pratinjau dari model template yang telah anda pilih.
Cah Ngrupit
Di bawah pratinjau anda akan melihat customize untuk menyesuaikan desain kartu nama dengan kebutuhan. Pada panel tersebut anda bisa mengklik Color scheme untuk mengganti tema warna kartu nama anda.

Selain itu anda bisa menambahkan informasi bisnis anda pada kolom Business Infotmation, caranya klik kolom Business Information, lalu klik Create New. Selain itu anda juga bisa memilih posisi halaman pada bagian Page Size.

Satu lagi bila anda ingin menyertakan logo atau foto anda maka anda bisa mencentang kotak Include Logo pada panel tersebut. Selanjutnya anda klik tombol Create.

Langkah ketiga

Setelah template kartu nama (business card) terbuka, maka selanjutnya anda bisa mulai menyunting desain kartu nama anda agar menjadi lebih menarik. Anda dapat mengubah tema warna, mengedit kembali informasi bisnis yang telah ada dan lainnya.

Atau jika memang diperlukan anda dapat menambahkan gambar baru (shape atau pun picture), mengubah warna shape yang sudah ada, menambahkan text box dan sebagainya.

Baca juga:
Cara membuat text box di Publisher
Cara menggambar shape di Publisher
Cara crop gambar di Publisher
Cara menambahkan informasi bisnis di Publisher

Cek hasil template anda!

Jangan lupa lihat pratinjau dari desain kartu nama anda melalui print preview. Caranya klik tab File & klik Print. Dan anda akan melihat preview di bagian kanan pengaturan print.

Cara download template Business Cards

Anda dapat mengunduh template business secara langsung. Caranya pastikan computer & program office sudah terkoneksi ke internet, lalu anda buka publisher. Pada kotak Search for online templates langsung saja anda ketikkan Business Cards dan tekan enter. Selanjutnya anda bisa memilih template dan klik tombol Create untuk mulai mengunduhnya.

Cara mendesain Business Card secara manual

Buka publisher, lalu klik Built-In (jika ada). Selanjutnya klik folder template Business Cards. Setelah itu anda akan melihat pilihan template dengan ragam yang cukup banyak, scroll ke bawah dan temukan kategori Blank Size.

Kemudian pilih ukuran halaman yang dibutuhkan dan klik tombol Create. Setelah template kosong (Blank Sizes) terbuka maka anda bisa memulai membuat desain kartu nama secara manual.

Comments