Cara membuat border di Microsoft Publisher 2010, 2013 & 2016

Cara membuat border (batas tepi) di publisher tidaklah sulit. Anda bisa membuat secara manual dengan menggambar rectangle shape atau anda bisa langsung menggunakan salah satu building blocks yaitu Border & Accents.
Cah Ngrupit
Kedua cara tersebut sama-sama mudahnya dan menghasilkan batas tepi yang menarik untuk desain publikasi anda. Berikut detail caranya;

Cara membuat border dengan rectangle shape

Silahkan anda buka halaman publisher dan lanjutkan dengan menggambar bentuk kotak (rectangle shape). Caranya yaitu silahkan anda klik tool Shapes pada toolbar, lalu klik Rectangle (Segiempat). Selanjutnya anda gambar segiempat tersebut pada halaman publisher dengan ukuran yang sesuai.

Berikutnya Anda klik gambar segiempat (rectangle) yang sudah anda buat tadi, lalu anda klik kanan mouse. Kemudian anda klik Format AutoShape…setelah itu muncul jendela Format AutoShape. Langsung saja anda pastikan yang terbuka adalah tab Colors and Lines.
Cah Ngrupit
Pada jendela Format AutoShape, lebih tepatnya di bagian Fill – Color silahkan anda pilih No Color. Berikutnya pengaturan Line, silahkan anda memilih warna garis untuk border anda  di bagian Color, tingkat transparasi garis border di kolom (Transparency), ketebalan garis border (Width), Compound type (Style), Dash Type & juga Cap Type.
Cah Ngrupit
Selain itu bila anda ingin menerapkan border art (batas yang berseni) maka anda bisa klik BorderArt dan pilih model BorderArt yang anda sukai. Satu hal lagi pada bagian Preview, anda bisa melihat pratinjau border. Selain itu di bagian preview anda akan melihat tombol-tombol kecil dimana anda bisa memilih di sisi mana anda ingin menerapkan garis border.

Anda dapat menerapkan garis boder pada keempat sisi Rectangle atau sisi-sis tertentu saja. Terakhir anda langsung klik tombol OK. Dan border pun selesai dibuat.

Cara membuat border dengan fitur Border & Accents 

Buka halaman publisher, kemudian anda klik tab INSERT. Setelah itu anda klik tool Border & Accents yang ada di ribbon / toolbar. Lalu anda pilih style border yang anda sukai. Selanjutnya model border yang telah dipilih otomatis ditambahkan ke halaman publikasi.

Karena ukuran border biasa masih kecil, maka anda bisa menyesuaikan ukuran border dengan kebutuhan.  Untuk menampilkan pilihan model border lebih banyak anda bisa klik More Border & Accents. Ada beragam kategori Border & Accents yang tersedia di publisher. Seperti Bars, Boxes, Emphasis, Frame,  Line dan Patterns.

Comments

Related content