Cara membuat arsiran pada grafik / diagram di Microsoft Office

Cara membuat arsiran pada grafik di Word, Excel atau PowerPoint. Cara mengarsir bagian tertentu sebuah grafik atau pun diagram sangatlah mudah. Karena sudah tersedia pilihan warna yaitu Pattern Fill. Anda dapat menerapkan cara di bawah ini baik untuk program Word, Excel & PowerPoint.

Baik pada office 2010 atau pun pada office 2013 & 2016. Caranya krang lebih sama, hanya beda sedikit saja, berikut detail cara mengarsir bagian grafik baik untuk anda yang menggunakan program office 2010 ataupun office 2013 & 2016.

Cara membuat arsiran pada grafik / diagram

Untuk pengguna office 2013 & 2016

Langkah pertama

Silahkan anda buka program ms office dimana anda ingin membuat grafik. Setelah itu langsung saja buat grafik yang diperlukan, baik itu grafik / diagram batang (bar), pie (lingkaran) atau tipe grafik lain sesuai dengan kebutuhan anda.

Kalau anda belum mengetahui cara membuat grafik /diagram, maka anda dapat membaca tulisan saya yang mengulas beberapa contoh grafik yaitu;
Cara membuat diagram,grafik atau chart di Word
Cara membuat diagram lingkaran (pie) di excel 
Cara membuat diagram garis di PowerPoint

Langkah kedua

Misalnya anda telah membuat diagram lingkaran (pie chart) di ms word. Kemudian anda klik bagian diagram yang akan diberi arsir, lalu anda dua kali (double klik) pada bagian yang lebih khusus. Setelah itu akan muncul panel Format Data Point di sisi kanan jendela Microsoft Word.

Langkah ketiga

Pada panel format data point, anda klik tool Fill & Line (icon ember). Lalu anda klik Fill dan pilih Patern fill. Selanjutnya pada kolom patern, anda dapat memilih model arsiran yang anda inginkan.
Cah Ngrupit
Pada panel tersebut jika anda scroll (geser ke bawah, masih pada bagian pattern. Maka anda akan melihat pilihan warna foreground  dan background. Untuk mengganti warna arsiran klik Foreground dan pilih warna. Sedangkan untuk mengubah warna latar belakang dai arsiran anda dapat klik Background dan klik warna yang disukai. Selesai.

Cara membuat arsiran pada diagram / grafik (office 2010)

Langsung saja anda buat grafik atau diagram anda. Selanjutnya anda anda klik diagram yang akan diberi arsiran, berikutnya anda dua kali (double klik) pada bagian yang lebih spesifik. Selanjutnya muncul jendela (dialog box), yaitu jendela Format Data Point.
Cah Ngrupit
Pada jendela tersebut anda pilih pengaturan Fill. Lalu anda klik Pattern fill dan akan melihat beberapa model arsiran. Silahkan pilih model arsiran untuk grafik anda. Di bawah opsi model arsiran anda bisa memilih warna garis arsir pada bagian foreground color dan latar belakang arsiran di bagian Background color. Setelah selesai anda klik tombol Close.

Comments

Related content