Cara menampilkan toolbar V-Ray di SketchUp

Cara menampilkan toolbar V-Ray sebenarnya tidaklah sulit. Anda dapat menampilkannya dan mengatur posisinya sesuai kebutuhan seperti halnya toolbar yang lain.

Meskipun tanpa melalui toolbar V-Ray ini anda tetap dapat menggunakan fitur-fitur V-Ray (asalkan V-Ray sudah terinstall di perangkat anda) yaitu melalui tab Extensions, namun beberapa orang lebih memilih untuk menampilkan toolbar agar bisa dengan cepat mengakses tool V-Ray yang diinginkan. Berikut detail cara memunculkan toolbar V-Ray;

Langkah pertama. Pastikan anda telah menginstall plugin V-Ray pada program SketchUp. Setelah anda yakin V-Ray terinstall dengan benar, berikutnya silahkan anda membuka program SketchUp di computer anda. Lalu langsung saja anda klik tab VIEW pada toolbar. Kemudian anda klik Toolbars.
Cah Ngrupit

Langkah kedua.  Berikutnya akan muncul jendela Toolbars, dimana anda dapat memilih toolbar apa saja yang ingin anda tampilkan dengan mencentang pilihan yang telah tersedia. Untuk menampilkan toolbar V-Ray, maka ang centang kotak untuk Vfs: Lights dan juga kotak Vfs: Main Toolbar.
Cah Ngrupit

Setelah selesai, maka toolbar V-Ray akan muncul pada jendela SketchUp. Terakhir klik  tombol Close untuk menutup jendela.

Anda bisa menggeser toolbar dan memindahkan toolbar V-Ray ke posisi yang anda inginkan. Misalnya anda dapat meletakkannya menyatu dengan toolbar lain yang ada pada sisi kiri atau pun atas jendela SketchUp. Atau anda bisa membiarkan toolbar tersebut melayang begitu saja.

Catatan!
Tutorial diatas saya terapkan pada program SketchUp Pro 2015.

Comments

Related content