Cara membuat diagram box and whisker di Microsoft Excel 2016

Cara membuat diagram  boxplot (box and whisker) di Excel 2016. Office 2016 menawarkan berbagai macam fitur baru pada tiap programnya. Sebagai contoh fitur terbaru yang tersedia adalah enam tipe chart (grafik / diagram) baru. Salah satu dari diagram tersebut adalah box and whisker.

Kemudahan yang ada yaitu; jika biasanya anda harus mencari nilai minimum, maksimum, mean, quartil dll. Maka dengan fitur chart box and whisker ini anda hanya perlu mengentrikan data mentahnya saja. Berikut cara membuat box & whisker di excel.

Langkah pertama; silahkan anda membuka lembar kerja di excel 2016 dan entrikan data anda. setelah itu anda blok seluruh data anda, kemudian anda klik tab Insert dan klik tool “Recommended Charts pada ribbon/toolbar.
Cah Ngrupit
Langkah kedua; setelah jendela Insert Chart muncul, silahkan anda klik tab All Charts. Pada sisi kiri jendela anda bisa mengklik tipe chart yaitu “Box & Whisker”. Berikutnya anda klik tombol OK. Dan secara otomatis diagram box & whisker akan ditambahkan ke lembar kerja.
Cah Ngrupit

Tips!!!
Untuk lebih cepatnya anda setelah anda klik tab Insert langsung klik tool Insert Statistic Chart. Selanjutnya langsung klik model diagram di bawah tulisan Box and Whisker. 
Cah Ngrupit


Cara mengubah pilihan box and whisker

Setelah diagram anda jadi anda bisa mengubah opsi diagram dan menyesuaikannya dengan kebutuhan. Misalnya anda bisa mengatur gap (jarak), menampilkan data point, menampilkan / menyembunyikan penanda mean (mean  marker), metode penghitungan median dan sebagainya.

Caranya yaitu;

Pertama; silahkan anda klik batang diagram (data series) yang ingin diubah opsinya. Lalu anda klik kanan mouse, lalu klik Format Data Series.

Kedua; setelah itu anda akan melihat panel Format Data Series di sisi kanan jendela excel. Pada panel format data series, silahkan anda klik tool Series Options (icon diagram). Kemudian anda bisa memilih opsi yang akan diubah.
Cah Ngrupit

Cara mengubah desain dan format diagram

Ada banyak tools yang bisa digunakan untuk mengubah desain dan format diagram. Cara menggunakan tool tersebut yaitu pertama silahkan anda klik diagram anda. kemudian anda akan melihat dua tab baru muncul pada ribbon yaitu tab Design dan tab Format. Silahkan anda klik tab Design atau Format lalu klik tool yang ingin digunakan.

Ingat!
 Tab design dan format hanya muncul ketika diagram telah di klik.

Catatan tambahan untuk desain dan format diagram

Sebagai contoh beberapa tools yang sering digunakan dalam mengubah desain diagram yaitu:
Add Chart Element; untuk menambahkan keterangan pada diagram
Select Data; untuk menambahkan, mengubah (edit) ataupun menghapus data pada diagram.
Change Chart Type; untuk mengubah tipe diagram.

Sedangkan pada bagian format diagram, tool yang sering difungsikan yaitu;

Shape Styles; shape fill untuk mengubah warna isi dari bagian yang telah diklik, Shape outline untuk mengubah warna garis luar dari bagian yang di klik, dan shape effects untuk menambahkan efek khusus.

WordArt Styles, digunakan untuk menambahkan nilai seni pada teks yang termuat dalam diagram. Misalnya warna bagian dalam teks, warna garis luar teks dan efek khusus pada teks. Anda bisa melihat tools tersebut terangkum dalam grup WordArt Style pada ribbon / toolbar.

Comments

Related content