Cara menyembunyikan & menampilkan recent workbook di Microsoft Excel 2010, 2013 & 2016

Recent workbook di Microsoft Excel - Jika di ms word anda mengenal istilah recent document, maka jika anda menggunakan excel istilahnya adalah recent work book. Di Microsoft Excel anda bisa mengatur berapa jumlah recent document yang ingin anda tampilkan, anda bisa mengatur 5, 15 atau bahkan anda dapat menghilangkannya (menampilkan 0 recent workbook).

Apa keuntungan menampilkan recent workbook?

Recent workbook merupakan sebuah daftar lembar kerja (workbook) yang dapat anda lihat pada display ketika anda membuka program Microsoft Excel pada saat itu, lembar kerja yang tercantum pada display tersebut adalah lembar kerja yang baru (terakhir kali) anda kerjakan atau anda buat.

Jadi keuntungan menampilkan recent workbook adalah untuk memudahkan pengguna excel dalam mengakses file-file yang terakhir kali mereka kerjakan. Jadi anda tidak perlu membuka folder dan mencari file satu persatu, anda hanya perlu mengklik judul file yang ada pada recent workbook dan file akan langsung terbuka. Ini sangat membantu, terutama ketika anda lupa dengan nama file yang anda kerjakan sebelumnya atau di folder mana anda telah menyimpannya.

Cara mengatur jumlah recent workbook yang tertera pada display

Caranya langsung saja anda jalankan program excel di perangkat anda, anda bisa membuka lembar kerja baru atau pun membuka file excel yang telah anda miliki. Setelah lembar kerja excel terbuka, selanjutnya anda bisa mengklik tab FILE.
Cah Ngrupit
Kemudian muncul pilihan, silahkan anda mengklik Options untuk memunculkan dialog box Excel Options. Langkah selanjutnya anda dapat mengklik opsi Advanced. Setelah anda mengklik Advanced, maka anda akan melihat berbagai macam jenis pengaturan yang di kelompokkan berdasarkan grup.
Cah Ngrupit
Silahkan anda cara opsi pengaturan Display, kemudian temukan pengaturan “Show this number f Recent Workbooks”. Jika anda sudah menemukannya, maka anda bisa memasukkan angka pada kotak disebelahnya. Misalnya anda ingin menampilkan 5 recent workbook saja, maka anda cukup mengentrikan angka 5.

Jadi, apabila anda ingin menghilangkan atau tidak menampilkan sama sekali workbook, maka anda bisa memasukkan angka “0” (ketikkan tanpa tanda petik). Seusai anda menentukan jumlah recent workbook yang akan ditampilkan, maka langkah terakhir adalah mengklik tombol OK dan selesai.

Comments