Cara mengurutkan data di Microsoft Excel 2010, 2013 & 2016

Cara mengurutkan data di Microsoft Excel, sebenarnya tidaklah sulit. Anda bisa memanfaatkan fitur Sort & Filter untuk menyelesaikan pekerjaan anda. Di Excel anda bisa mengurutkan data berdasarkan alphabet, angka, tanggal, warna sel, warna huruf dalam sel dll. Berikut detail:

Cara mengurutkan data teks berdasarkan abjad

Data hanya terdiri dari satu kolom atau satu baris 
Silahkan anda entrikan data anda pada lembar kerja excel, kemudian anda blok data yang akan diurutkan. Misalnya data anda terdiri dari satu kolom yang terletak pada sel A1 Hingga A10,maka anda bisa mem-blok sel A1 s/d A10.
Cah Ngrupit
Lalu anda klik tool Sort & Filter yang ada pada ribbon (toolbar). Kemudian anda klik Sort A to Z untuk mengurutkan data dari abjad A, atau anda bisa memilih Sort Z to A untuk mengurutkan data dari abjad A. Setelah itu anda akan mendapati data anda telah urut secara otomatis, dari A-Z atau sebaliknya.
Cah Ngrupit

Data lebih dari satu kolom atau satu baris

Misalnya data anda terdiri dari dua kolom, yaitu kolom A (sel A1 s/d A10) berupa teks dan pada kolom B (sel B1 s/d b10) data anda berupa angka. Caranya, anda blok data yang akan diurutkan, sebagai contoh anda akan mengurutkan data teks (kolom) A, maka langsung saja anda blok sel A1-A10.
Cah Ngrupit
Kemudian anda klik tool Sort & Filter pada ribbon. Lalu klik Sort A to Z. Setelah itu akan muncul dialog box untuk Sort Warning, bila anda ingin Kolom B mengikuti data pada kolom A maka anda klik Expand the selection dan terakhir klik OK.
Cah Ngrupit

Hasilnya anda akan melihat nilai pada kolom B mengikuti kolom A. Jadi misalnya item bernama lenna mempunyai nilai 7, maka setelah disortir nilai Lenna akan tetap. Meskipun urutan lenna pada tabel sudah berubah.
Cah Ngrupit

Catatan:
Kalau anda memilih Continue with the current selection, maka data pada kolom B akan tetap berada di tempatnya alias tidak berubah sama sekali.

Cara mengurutkan data angka

Langsung entrikan data anda, kemudian blok data yang ingin diurutkan. Kemudian anda klik tool Sort & Filter. Kemudian anda klik Sort Smallest to Largest untuk mengurutkan data dari angka terkecil ke terbesar. Sedangkan untuk mengurutkan angka dari nominal yang terbesar ke terkecil, maka anda bisa memilih Sort Largest to Smallest.

Cara tersebut untuk data yang terdiri dari satu baris atau satu kolom saja. Apabila data anda terdiri dari dua kolom, maka langsung blok data yang akan diurutkan. Lalu klik tool Sort & Filter, selanjutnya pilih Sort Smallest to Largest atau Sort Largest to Smallest.

Kemudian anda akan melihat jendela Sort Warning muncul, pilih Expand the selection bila anda ingin nilai kolom lain mengikuti kolom yang diurutkan. Jika anda ingin kolom lain tetap pada tempatnya, maka pilih  Continue with the current selection. Dan terakhir klik OK.

Cara mengurutkan data yang berupa tanggal

Entrikan data anda, pastikan data dalam sel berformat tanggal . misalnya 18-Dec-16 atau 7/10/16. Setelah itu blok data anda, lalu anda klik tool Sort & Filter. Kemudian klik Sort Oldest to Newest untuk mengurutkan data dari tanggal paling lama ke tanggal terbaru (saat ini). Sedangkan untuk sebaliknya anda bisa memilih Sort Newest to Oldest.

Penyortiran lebih lanjut

Pada penyortiran lebih lanjut anda bisa menyortir data berdasarkan values (nilai dalam sel), cell color (warna sel), font color (warna huruf) dan cell icon (icon yangterdapat dalam sel. Sebagai contoh anda ingin mengurutkan data berdasarkan warna selnya. Adapun urutan warna yang diinginkan dari yang paling atas adalah Jingga, hijau, birudan paling bawah adalah kuning.

Caranya anda blok data yang ingin diurutkan atau di sortir. Kemudian anda klik tool Sort & Filter pada ribbon. Setelah itu anda klik Custom sort. Berikutnya muncul jendel Sort, apabila data anda mempunyai header maka centang My data has header. Apabila tidak mempunyai header maka biarkan kotak My data has header tetap kosong.
Cah Ngrupit
Pada kolom Sort by, anda bisa memilih kolom yang akan di sortir. Lalu pada bagian sort on, silahkan anda pilih cell Color untuk mengurutkan pada bagian order anda bisa memilih warna, dan disamping order anda bisa memilih posisi warna apakah on top atau on bottom. Kemudian klik Add level.

Setelah muncul then by, anda bisa mengatur warna yang kedua dan seterusnya hingga selesai. Setelah selesai anda klik OK.

No comments:

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungan anda. Silahkan tinggalkan tanggapan, pesan atau pun pertanyaan anda pada kolom komentar.