Cara menyimpan (mengubah) Publiser ke PDF di Ms Publisher 2010, 2013 & 2016

Cara menyimpan file publisher menjadi file pdf sebenarnya tidak sulit. Ada dua cara yang dapat anda pilih untuk melakukkannya. Yaitu anda bisa melakukan save as dengan tipe file pdf, atau meng-export file dan membuatnya jadi pdf. Sebenarnya kedua cara tersebut memilih langkah-langkah yang hampir sama. berikut detailnya:

Wajib baca!
Untuk pengguna Office 2010 anda hanya bisa menggunakan cara Save as. Sedangkan untuk anda pengguna Office 2013 dan Office 2016, maka anda bisa menggunakan kedua cara yang tersedia, baik save as maupun Export.

Cara mengubah file publisher jadi pdf dengan fitur save as di Ms Publisher 2010, 2013 & 2016

silahkan anda jalankan program publisher anda. kemudian buat publikasi baru atau buka file publisher yang telah anda buat sebelumnya. Kemudian anda klik tab FILE.
Cah Ngrupit
Selanjutnya anda klik Save as.  Kemudian pilih dimana anda ingin menyimpan file tersebut, apakah di computer, one drive atau tempat lain. Sebagai contoh anda bisa mengklik Computer untuk file pd tersebut di computer anda. lalu anda klik tombol Browse.
Cah Ngrupit
Setelah itu munculah jendela Save As, dimana anda bisa memilih di folder mana anda ingin menyimpan file anda. lalu padabagian File name anda bisa mengetikkan nama file anda. sedangkan pada kolom Save as type anda dapat memilih PDF (*.pdf) dan terakkhir anda klik tombol Save. Silahkan anda tunggu beberapa saat hingga proses publishing selesai.
Cah Ngrupit

Ingat!!!

Jangan lupa untuk menyimpan file publisher anda dalam format pub (publisher/.pub), jadi anda bisa mengedit atau menggunakan ulang file tersebut di waktu lain.

Cara mengubah file publisher ke pdf dengan export di Ms Publisher 2013 & 2016

Langsung saja buka file publisher anda atau anda bisa membuatnya terlebih dahulu, kemudian anda klik tab FILE. Lalu anda klik Export. Setelah muncul beberapa pilihan export, silahkan anda mengklik Create PDF/XPS Document.

Lalu anda klik tombol Create PDF/XPS. Kemudian jendela Publish as PDF or XPS muncul, silahkan masukkan nama file anda dan pilih di folder mana anda ingin menyimpannya. Terakhir anda bisa mengklik tombol Publish.

Tips!!!

Apabila anda ingin file pdf langsung terbuka setelah proses publishing selesai, maka pada saat jendela Publish as PDF or XPS muncul pastikan anda telah mencentang kotak Open file after publishing.

No comments:

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungan anda. Silahkan tinggalkan tanggapan, pesan atau pun pertanyaan anda pada kolom komentar.