Cara membuat tabel di Microsoft Excel 2010, 2013 & 2016

Cara membuat tabel di excel bisa dibilang sangatlah mudah. anda bisa memanfaatkan fitur insert table secara langsung atau bisa membuatnya secara dan memanfaatkan fitur border untuk memberi garis pada tabel. Berikut kedua detail caranya:

Cara mmbuat tabel secara manual

Langsung saja anda jalan program excel. Kemudian anda buka lembar kerja anda dan entrikan data-data anda pada lembar kerja tersebut. Lalu anda blok seluruh data yang akan anda buat tabel. Kemudian anda klik tool border yang terdapat di toolbar/ribbon (tool ini diwakili dengan icon persegi yang dengan garis horizontal dan vertical ditengahnya, garis  bisa berupa garis putus-putus atau pungaris utuh).
Cah Ngrupit

Setelah anda mengklik tool border, anda akan melihat beberapa pilihan border. untuk membuat tabel anda bisa memilih All Border untuk menambahkan garis pada seluruh sel yang telah anda blok.
Cara mewarnai garis pada tabel -  bila anda ingin mewarnai seluruh garis pada tabel, maka pastikan anda telah menambahkan border seperti cara diatas. Kemudian anda klik tool border lagi dan klik Line Color. Berikutnya anda bisa memilih warna yang anda inginkan.

Cara membuat tabel dengan insert table

Silahkan anda buka lembar kerja excel, kemudian anda klik tab INSERT. Kemudian anda langsung klik tool Table. Setelah itu munculah dialog box Create Table. Lalu anda kosongkan kotak “Where is the data for your table”, berikutnya silahkan anda blok sel yang akan dibuat tabel.
Cah Ngrupit
Sebagai contoh misalnya anda bisa mem-blok sel A1 s/d sel C9. Maka selanjutnya pada kotak “Where is the data for your table” akan otomatis berisi informasi sel $A$1: $C$9. Apabila tabel yang anda butuhkan tersebut memerlukan header, maka anda bisa mencentang kotak My table has headers. Dan terakhir klik OK. tabel telah selesai dibuat.

Cara memformat table

Setelah anda selesai membuat tabel dengan cara diatas, berikutnya anda bisa memformat tabel tersebut menggunakan tools yang tersedia pada tab Table Tools. Caranya silahkan anda mengklik salah satu sel pada tabel dan tab Table Tools pun akan otomatis muncul. Berikut beberapa contoh tool yang tersedia pada ribbon khusunya Table tools:
Cah Ngrupit

Keterangan:
  • Resize table: mengubah ukuran tabel
  • Summarize with pivot table : meringkas tabel dengan pivot table
  • Remove duplicates: untung menghapus baris yang sama, jika terjadi duplikasi baris.
  • Convert to Range: mengubah table menjadi sel biasa (tidak dalam format tabel)
  • Insert slicer: menyisip sebuat slicer untuk memfilter data dalam tabel secara visual
  • Export: untuk mengekspor data ke SharePoint atau ke visio.
  • Refresh: untuk memperbaharui data dalam tabel.
  • Properties: untuk mengatur properties tabel/sel
  • Header row: menambahkan atau menghilangkan header di atas baris.
  • Total row: menampilkan total baris
  • Table style : untuk menerapkan gaya tertentu pada tabel.
  • Dll.
Catatan:
Untuk mewarnai sel pada tabel, anda bisa mengklik Icon ember miring pada ribbon (Fill Color).

Comments

Related content