Cara membuat gambar bola di SketchUp

Cara membuat gambar bola di SketchUp sebenarnya tidak sulit, asalkan anda mengetahui tool apa saja yang harus anda gunakan dan bagaimana cara menggunakan. Kalau anda sudah mengetahui caranya, maka anda bisa membuatnya dengan cepat. Tapi jika ini adalah pertama kali membuatnya mungkin akan terasa sedikit rumit. Tapi anda tidak perlu kuatir, anda hanya perlu mempraktekkannya dan semua akan terasa mudah, Insya Allah.

Tools yang digunakan untuk membuat bola
Untuk mengetahui nama sebuah tool anda hanya perlu mengarahkan kursor ke icon yang ada pada toolbar dan anda akan melihat nama tools muncul. Cara ini sangat bermanfaat bila anda menggunakan SketchUp dengan versi yang berbeda, karena bisa jadi icon yang muncul berbeda tapi memiliki kegunaan yang sama.

Sebelum anda berlanjut ke cara membuat bola, sebaiknya anda mengenali terlebih dahulu tool apa saja yang akan digunakan untuk membuatnya. Berikut beberapa tool yangperlu anda ketahui.
Cah Ngrupit
Keterangan:
Select digunakan untuk memilih sebuah object, baik object yang berupa garis, permukan atau pun komponen yang ingin dimodifikasi. Tentunya setelah anda mengklik tool ini anda harus mengklik object yang ingin anda pilih

Circle digunakan untuk menggambar lingkaran dari sebuah titik hingga radius (r=jari-jari lingkaran) tertentu.

Follow me mengarahkan permukaan agar mengikuti sebuah path (jalur) yang dituju.

Orbit untuk memutar merngorbitkan pandangan (view).

Cara membuat gambar bola di SketchUp
Pertama. silahkan anda jalankan program SketchUp, kemudian langsung saja anda gambar lingkaran pada permukaan mendatar (horizontal). Anda dapat menggambar lingkaran tersebut pada pusat sumbu x,y. Cara menggambarnya yaitu anda klik tool Circle terlebih dahulu. Selanjutntnya anda klik dipusat sumbu dan Tarik ke arah luar (sumbu x) hingga radius yang anda inginkan dan lepas.
Cah Ngrupit

Kedua. Menggambar lingkaran vertical (tegak), ukuran lingkaran vertical ini lebih kecil dari lingkaran horizontal yang anda buat sebelumnya. Untuk memudahkan anda menggambar, maka anda bisa meng-orbit (memutar) pandangan hingga hamper sejajar dengan sumbu x (garis mendatar). Tool yang digunakan untuk menggambar lingkaran yang kedua ini sama yaitu tool Circle. Jika pada
Cah Ngrupit
Ketiga. Setelah anda selesai menggambar kedua lingkaran. Selanjutnya anda klik tool Select. Berikutnya anda klik permukaan gambar lingkaran yang mendatar (horizontal) dan anda akan melihat tanda titik-titik hitam muncul pada permukaan lingkaran tersebut. Itu artinya permukaan telah anda pilih untuk dimodifikasi.
Cah Ngrupit

Keempat. selanjutnya anda klik tool Follow me dan klik permukaan lingkaran yang tegak (vertical).
Cah Ngrupit

Kelima. Setelah itu anda akan melihat lingkaran vertical tersebut berubah jadi lingkaran. Dengan lingkaran mendatar (horizontal) masih berada diposisinya.
Cah Ngrupit

Keenam. Jika anda perhatikan maka bentuk lingkaran seperti pesawatnya alien, tidak apa-apa. Silahkan anda klik garis luar pada lingkaran yang mendatar dan klik tombol delete yang ada di keyboard untuk menghapusnya. Dan selesai, kini gambar bola telah selesai dibuat.

Catatan:
Cara ini saya terapkan pada program SketchUp Pro 2015.

Comments

Related content