Cara menambahkan efek transisi di Microsoft PowerPoint 2013 & 2016

Cara menambahkan efek transisi di PowerPoint sangat mudah. Efek transisi merupakan efek yang ditambahkan  pada slide presentasi. bila anda menerapkan efek transisi pada slide presentasi anda, maka anda akan melihat efek khusus muncul pada setiap slide ketika anda berpindah dari satu slide ke slide lain.  Untuk dapat melihat hasil dari penerapan efek transisi maka anda bisa melihat slide dalam tampilan Slide Show atau pada saat preview.

Cara menambahkan efek transisi pada slide

Buka file PowerPoint anda, lalu anda pilih slide mana yang ingin anda beri efek transisi. Anda bisa memilih slide pada panel navigasi (slide navigation pane). Setelah itu anda klik tab TRANSITIONS.
Selanjutnya anda akan melihat beberapa pilihan efek tansisi pada kolom Transition to This Slide.
Cah Ngrupit
Untuk menampilkan pilihan efek transisi yang lebih banyak, maka anda bisa mengklik tombol More (tombol more ini diwakili dengan mata panah yang memiliki satu garis diatasnya). Dan terakhir anda klik salah satu efek transisi yang anda inginkan.

Cara mengatur efek transisi lebih lanjut

Untuk bisa menerapkan pengaturan lebih lanjut pada efek transisi maka anda bisa menggunakan tool yang tersedi pada grup Timing. Silahkan anda klik tab TRANSITIONS, kemudian perhatikan grup timing. Ada beberapa tools yang mana masing-masing tool mempunyai fungsi berbeda.
Cah Ngrupit
Keterangan
Sound, untuk menambahkan suara pada saat transisi atau berpindahnya slide. Caranya langsung saja anda klik fitur sound dan pilih sound yang ingin anda tambahkan. Beberapa contoh suara yang bisa ditambahkan seperti Applause, Arrow, Breeze, Camera dan seterusnya. Jika anda mempunyai file suara di computer anda, maka anda bisa memilih Other Sound. Lalu anda pilih file suara dari computer anda.

Duration, untuk menentukan lama transisi. Umumnya durasi setiap efek sudah ada dalam pengaturan ketika anda memilihnya, namun demikian anda tetap bisa menentukan durasi transisi sesuai keinginan.

Apply To All, untuk menerapkan efek transisi yang telah di pilih pada seluruh slide. Jadi bila anda ingin seluruh slide mempunyai efek transisi yang sama, maka anda bisa mengklik tool ini.

Advance Slide, pada bagian ini tersedian on mouse click dan after. Anda bisa mengatur pemindahan slide, apakah slide berpindah menunggu mouse di klik atau menunggu setelah beberapa waktu yang ditentukan.


Tips!
Gunakan effect options pada efek transisi untuk memilih efek yang sama dengan style berbeda. Anda bisa memilih efek transisi terlebih dahulu kemudian klik Effet Options dan memilih pilihan yang anda. perlu anda ketahui, fitur effect option ini hanya bisa digunakan pada beberapa efek transisi (tidak untuk seluruh jenis efek). Sebagai contoh anda bisa memilih efek transisi “Shape” dan anda akan dapat menggunakan fitur effect options.

Cara menghilangkan efek transisi

Cara menghilangkan transisi pada sebuah slide anda hanya perlu memilih slide, lalu klik tab TRANSITIONS. Lalu pada kotak Transition to This Slide silahkan anda memilih None. Untuk menghilangkan efek transisi pada seluruh slide anda bisa mengklik Apply to All setelah anda memilih None.

Comments