Cara membuat dropdown list di Microsoft Excel 2010, 2013 & 2016

Cara membuat dropdown list di Excel sangatlah mudah. Baik untuk anda pengguna Office 2010, 2013 atau 2016. Dengan menambahkan dropdown list lembar kerja anda akan sangat membantu pengguna lembar kerja excel tersebut. Misalnya lembar kerja tersebut berupa form. Tentunya jika salah satu bagian form berisi pilihan, maka pengguna akan dengan cepat memilih item yang diperlukan.
Cah Ngrupit

Cara membuat dropdown list

Pertama, silahkan anda buka lembar kerja excel. kemudian anda entrikan daftar item yang akan anda buat dropdown list. Sebagai contoh, anda akan membuat dropdown list untuk hobby. Maka anda bisa mengentrikan bermacam-macam pada kolom lembar kerja excel. misalnya anda memasukkan beragam jenis hobby pada sel A1 s/d A10.
Cah Ngrupit
Kemudian silahkan anda mengklik sel dimana anda ingin menempatkan dropdown list anda. tentunya sel tersebut bukan sel dimana anda telah mengetikkan daftar hobby sebelumnya, jadi gunakan sel lain. Untuk contoh, anda bisa mengklik sel E3.
Cah Ngrupit
Berikutnya anda klik tab DATA, lalu anda klik tool Data Validation yang ada di ribbon, khususnyapada grup Data Tools. Selanjutnya muncul pilihan, silahkan anda klik DataValidations…

Setelah tampilah dialog box Data Validation, dan pada dialog box tersebut terbukalah bagian Settings. Pada bagian Validation criteria, khususnya pada bagian Allows silahkan anda pilih List. Lalu muncul kotak Source, anda klik kotak Source.
Cah Ngrupit
Lalu langsung saja anda blok seluruh sel yang berisi item (List/daftar hobby). Berikutnya anda akan melihat kotak Source telah terisi informasi sel yang berisi daftar. Terakhir anda bisa mengklik OK.

Comments

Related content