Cara copy & paste di Microsoft Excel 2010, 2013 & 2016 (Paste option & Paste Special)

Sebenarnya cara copy paste di excel tidaklah sulit, silahkan anda cara mengcopy dan beberapa pilihan paste dibawah.

Cara copy (menyalin) dan paste (menempelkan)

Pertama langsung saja anda pilih bagian yang akan disalin (copy). Misalnya jika anda ingin menyalin beberapa sel, maka anda bisa langsung mem-blok beberapa sel tersebut. Atau jika anda ingin mengcopy gambar, maka anda bisa mengklik gambar tersebut.
Cah Ngrupit
Kemudian anda bisa mengklik tombol Copy pada ribbon (toolbar), setelah itu klik dimana anda ingin menaruh hasil salinan. Dan terakhir anda bisa mengklik tombol Paste untuk menempelkan hasil salinan.

Paste Options (pilihan jenis paste lebih lanjut)

Apabila anda mengklik mata panah yang ada di bawah tombol paste maka anda akan melihat beberapa pilihan paste yang tersedia di excel, yaitu;
Cah Ngrupit
Catatan: Arahkan mouse ke icon untuk melihat nama masing-masing icon (fitur).

Paste

Paste (P) untuk menempelkan (paste) semuanya dari sel yang telah di copy. Misalnya dalam sel yang telah dicopy berisi, rumus, format dan lainnya makaseluruh hal tersebut akan salin.

Formulas (P), hanya untuk me-paste-kan formula yang terdapat dalam sel yang di copy, dan format sel tidak akan ikut disalin.

Formulas and number formatting (O),hanya untuk mem-paste-kan formula dan format angka dari sel yang telah di copy. Misal format angkanya adalah format persen, mata uang dan sebagainya.

Keep Source formatting (K), untuk mempastekan formula dan seluruh format yang telah diterapkan pada sel yang di copy.

NO borders (B) untuk mempastekan formula (rumus), format angka, font ukuran font,shading tanpa border. jadi, jika pada sel yang anda copy memiliki border (bingkai/batas) maka format border tidak akan ikut dicopy.

Keep source column width (W) untuk mempastekan rumus, format angka, ukuran font,font, shading, border (bingkai) dan juga ukuran lebar sel yang di salin.

Transpose. Jika anda mencopy beberapa baris (row) sel, maka anda bisa menggunakan fitur transpose ini untuk mempastekan sel  dalam bentuk kolom. Jadi, bila anda mengcopy beberapa baris sel kemudian memilih paste tranpose, maka hasil paste akan berubah menjadi format kolom. Fitur transpose ini akan mempastekan rumus, format angka, font & ukurannya, shading dan juga border. Dengan kata lain fitur iniuntuk mengubah orientasi hasil setelah di copy, dari baris menjadi kolom.

Paste Values

Values (V). bila anda mengcopy sel yang didalamnya berisi rumus kemudian anda menyalinnya dan mempastekannya dengan memilih paste values, maka yang akan dipastekan hanya hasil dari rumusnya. Jadi rumus (formula) tidak akan disalin.

Values and number formatting (A), bila anda memilih paste tipe ini maka hasil salinan anda yaitu nilai (sesuatu dengan nilai dalam sel) dan format angkanya. Ingat hanya nilai da format angkanya saja. Jadi jika sel yang dicopy berupa rumus, maka yang disalin hanyalah hasil dari rumus yang ada.

Values and source formatting (E) digunakan untuk mempastekan hasil dari rumus (jadi rumus tidak ikut disalin) dan juga format sel.

Other Paste Options

Formatting (R) hanya untuk mempastekan format.

Picture (U) untuk mem-paste-kan gambar.

Paste Special

Apabila anda ingin memilih bagian apa saja yang ingin anda salin (copy) & paste-kan,maka anda bisa mengklik Paste Special. Setelah itu akan muncul dialog box untuk paste special, dimana anda bisa memilih pengaturan paste lebih mudah.

Comments