Cara menyisipkan lagu,mp3 atau audio di Microsoft PowerPoint 2013 & 2016

Cara insert lagu / musik di powerpoint - Cara menyisipkan mp3, audio atau lagu di Microsoft PowerPoint cukuplah mudah, begitupun cara mengatur playback dan tampilan audio pada slide.

Cara menyisipkan audio, mp3 atau lagu

Silahkan buka PowerPoint, lalu anda klik tab Insert. Perhatikan ribbon (deretan tools berada), anda bisa mengklik tool Audio.  Setelah itu muncul list berupa pilihan, sebagai contoh anda bisa memilih Audio on My PC. 
Cah Ngrupit
Selanjutnya akan muncul jendela Insert Audio, anda bisa memilih salah satu file audio di drive computer anda (misalnya file mp3) dan klik Insert. Dan audio akan langsung ditambahkan ke slide yang sedang aktif.

Catatan:

Pada saat anda mengklik tool audio anda akan melihat tiga pilihan yaitu; Pertama, Online Audio digunakan untuk menyisipkan video dari internet secara langsung, tentunya anda butuh koneksi internet untuk memanfaatkan fitur ini.

Kedua Audio on My PC untuk memasukkan video dari perangkat anda (drive computer). Sedangkan yang terakhir adalah record audio yaitu untuk merekam audio terlebih dulu dan barulah hasil rekaman tersebut ditambahkan ke slide.

Cara mengatur playback audio

Setelah anda selesai menyisipkan file audio anda bisa mengatur playback audio tersebut. Caranya silahkan anda klik audio yang telah disisipkan ke slide. Lalu anda klik PLAYBACK (AUDIO TOOLS), berikutnya anda bisa menggunakan tools pada ribbon. Berikut beberapa tool tersebut.
Play, untuk memutar audio.
Cah Ngrupit
Add bookmark, untuk menambahkan book pada waktu tertentu di audio anda.
Remove bookmark, untuk menghapus bookmark yang telah anda buat sebelumnya.
Trim audio, fitur ini digunakan untuk memotong audio anda.

Fade duration, untuk menambahkan efek fade pada saat video di mulai (fade in) dan video berakhir (fade out).

Volume untuk mengubah volume audio anda.
Start on click digunakan untuk mengatur agar audio mulai diputar pada saat di click. Apabila anda ingin menyeting agar audio diputar secara otomatis ketika slide terbuka, maka anda bisa mengganti On Click dengan Automatically.

Play across the slides, anda bisa mencentang kotak ini untuk mengatur agar audio diputar pada seluruh slide.

Loop until stopped, untuk memutar ulang audio.
Hide during show, untuk menyembunyikan audio saat slide diputar (slide show).
No style, untuk menghilangkan seluruh pengaturan playback yang telah diterapkan pada audio.
Play in Background, untuk mengatur agar audio diputar pada background seluruh slides.

Cara memformat tampilan audio pada slide

Meskipun tampilan audio tidak terlalu dibutuhkan, karena yang paling penting adalah suaranya. Namun tidak ada salahnya jika anda ingin mengatur tampilan shape audio anda di slide. Caranya anda bisa klik audio anda, lalu anda klik tab FORMAT (AUDIO  TOOLS) dan gunakan tools yang tersedia pada ribbon.

Comments