Cara menggunakan Page Navigation (penunjuk halaman) di Microsoft Publisher

Cara berpindah dari satu halaman ke halaman lain di Microsoft Publisher sebenarnya tidaklah sulit. Meskipun demikian tidaklah semua orang mengetahui caranya, terutama jika anda pengguna Microsoft Publisher 2007, meskipun penunjuk halaman sudah terlihat namun kebanyakan pengguna tidak menyadarinya.

Bagi anda yang belum mengetahui posisi Page Navigation pada Publisher maka anda perlu mengetahuinya, karena anda akan mempermudah anda dalam menjelajahi dan mengelola halaman publikasi.

Posisi Page Navigation pada Microsoft Publisher 2007

Pada saat membuka halaman kosong (blank page) atau pun template di Publisher 2007 maka anda akan melihat deretan angka di bagian bawah halaman publikasi. Deretan angka tersebut tergantung jumlah halaman yang sudah anda buat. Apabila halaman publikasi hanya terdiri dari satu halaman, maka anda hanya akan melihat nomor 1.
Cah Ngrupit

Posisi Page Navigation pada Publisher 2010, 2013 & 2016

Standarnya Page Navigation pada Microsoft Publisher ini sudah muncul ketika anda membuka program Publisher. Jika anda mendapati Page Navigation tidak muncul pada Publisher anda, maka anda bisa menampilkannya. Caranya yaitu anda buka Publisher, lalu anda klik tab VIEW dan pastikan kotak Page Navigation telah tercentang.
Cah Ngrupit

Kegunaan Page Navigation

Keberadaan Page Navigation sangatlah penting ketika ada mengerjakan tugas publikasi di Publisher. Ada beberapa hal yang bisa anda lakukan dengan memanfaatkan keberadaan Page Navigation, diantaranya yaitu :
  1. Berpindah halaman
  2. Menambahkan halaman (insert page)
  3. Menyisipkan halaman yang sama (insert duplicate page
  4. Menambahkan section (insert section)
  5. Menghapus halaman (delete page)
  6. Menggeser (mengubah urutan) halaman (move page)
  7. Mengganti nama halaman (rename)
  8. Menerapkan dan menonaktifkan tampilan dua halaman (view two-page spread)

Untuk berpindah halaman anda bisa langsung memilih nomor halaman yang sudah tersedia. Sedangkan untuk memanfaatkan fungsi lain (nomor 2 s/d 8), maka anda bisa mengklik salah satu nomor halaman, kemudian biarkan kursor anda tetap pada nomor tersebut. Lalu anda klik kanan mouse, dan pilih fitur yang akan digunakan.

Comments

Related content