Cara membuat tombol action (action button) di PowerPoint 2013 & 2016

Cara membuat tombol action di PowerPoint tidaklah sulit. Anda bisa menambahkan beberapa tombol action sekaligus pada slide presentasi anda. dengan menambahkan tombol action pada slide akan membuat slide presentasi anda lebih sederhana dan mudah dioperasikan.

Contoh tombol Action Button

Cah NGrupit
    Action Button : Back or previous

Beberapa tombol action yang bisa anda tambahkan diantaranya:
  1. Back or previous
  2. Forward or next
  3. Beginning
  4. End
  5. Home
  6. Information
  7. Return
  8. Movie 
  9. Document
  10. Sound
  11. Help
  12. Custom
Cara menyisipkan atau membuat tombol action

Pertama langsung saja anda buka slide presentasi di PowerPoint. Kemudian anda klik tab Insert dan klik tool Shapes yang ada pada ribbon. Setelah anda mengklik shape akan muncul dropdown list yang berisi berbagai macam pilihan shape. Pada dropdown list tersebut, silahkan anda scroll (geser ke bawah) hingga anda melihat grup shape “ Action Button”.

Cah Ngrupit

Lalu anda klik salah satu model Action Button, misalnya Action Button : Back or previous. Selanjutnya drag (klik dan seret) di area slide. Berikutnya akan muncul dialog box Action Settings.

Cah Ngrupit

Selanjutnya anda bisa memilih jenis tindakan untuk tombol Action anda, anda dapat memilih mouse click atau pun mouse over. Apabila anda memilih mouse click, maka tombol akan beraksi setelah anda mengkliknya. Sedangkan mouse over untuk membuat tombol beraksi ketika anda mengarahkan mouse anda ke tombol (tanpa klik).

Catatan penting:
Apabila anda memilih salah satu pengaturan maka pastikan anda menerapkan pengaturan none pada pengaturan lainnya.

Lanjut ke contoh, misalnya anda ingin mengaplikasikan Mouse click pada tombol Action Button : Back or previous anda. maka anda bisa mengklik tab Mouse click. Lalu pada bagian action on click, silahkan anda klik hyperlink dan pilih Previous Slide.

Kemudian anda klik tab Mouse Over dan pilih None pada untuk menonakatifkan fitur Mouse Over. Terakhir anda klik OK.

Ingat!

Jika anda memilih pengaturan Mouse click, maka terapkan pengaturan None pada Mouse Over. Apabila memilih setting Mouse Over, maka pada tab Mouse click pastikan anda telah memilih None.

Mengubah tampilan tombol

Anda juga bisa memformat tombol yang telah anda buat untuk membuat tampilan tombol lebih menarik. Caranya klik tombol, lalu anda klik Format (DRAWING TOOLS), lalu gunakan tool yang tersedia pada ribbon untuk memformatnya.

Comments

Related content