Cara membuat & mengatur animasi di Microsoft PowerPoint 2013 & 2016

Cara membuat animasi di powerpoint - Cara memberi dan mengelola animasi pada sebuah object di ms PowerPoint tidaklah sulit.  Sebelum berlanjut ke cara membuat animasi, maka terlebih dahulu anda baca tentang jenis animasi dibawah.

4 jenis animasi di PowerPoint

Entrance, bentuk animasi yang ditambahkan pada object untuk mengendalikan bagaimana sebuah object memasuki slide. Animasi jenis terbagi dalam tiga kategori yaiu Basic, subtle, Moderate dan exciting. Pada tiap kategori tersedia banyak opsi yang bisa anda pilih dan terapkan. Beberapa contoh animasi entrance diantaranya appear, blinds, box & wheel.

Emphasis, efek animasi ini ditambahkan pada object ketika object suda berada pada slide. Anda bisa mengaplikasikan animasi ini pada object untuk memberi efek obyek bergerak, memutar, berkedip atau lainnya.

Exit, animasi yang satu ini digunakan untuk mengontrol bagaimana object tersebut keluar dari slide. Misalnya object keluar dengan memudar, maka animasi yang digunakan adalah tipe Exit – Fade.
Motion path, animasi ini digunakan untuk mengendalikan objectagar object bergerak mengikuti path (jalur/garis) yang ditentukan.

Cara membuat atau menambahkan efek animasi

Sebagai contoh, anda akan memberi animasi pada sebuah teks. Adapun animasi yag akan ditambahkan adalah motion paths – right, yaitu untuk membuat teks bergerak ke arah kanan.

Buat object yang akan diberi animasi, anda bisa membuat text box, shape ataupun lainnya. Lalu anda klik garis tepi dari object tersebut. Kemudian anda klik tab ANIMATION. Selanjutnya anda klik tool Add Animation yang ada toolbar (ribbon) dan pilih More Motion Paths.
Cah Ngrupit
Setelah itu anda akan melihat dialog box Add Motion Path muncul.dalam tersebut banyak pilihan animasi motion path, silahkan anda memilih Right dan klik OK. Selesai. Anda bisa melihat  hasilnya dengan mengklik tab animation dan klik preview.

Seberapa jauh teks akan bergerak mengikuti jalur?

Cah Ngrupit
Jika anda perhatikan, setelah anda menambahkan animasi, maka anda akan melihat dua mata panah pada teks yang dihubungkan garis oleh garis putus-putus. Yaitu mata panah bewarna hijau (green arrow) dan mata panah bewarna merah (red arrow). Apabila anda preview, maka teks akan bergerak sejauh dari matah panah hijau ke merah.

Bagaimana cara mengatur jarak jalur animasi?

Cah Ngrupit
Untuk mengubah jaraknya maka anda bisa mengklik salah satu panah, mata panah hijau atau pun merah. Kemudian muncul bayanganteks dan mata panah akan berubah menjadi lingkaran. Anda bisa mengklik dan seret (DRAG) lingkaran tersebut sejauh jarak yang anda inginkan.

TIPS PENTING!

Apabila anda menambahkan banyak animasi dalam satu object yang sama, maka sebelum mengatur animasi sebaiknya anda menampilkan panel animasi (animation pane). Hal ini diperlukan agar anda lebih mudah dalam memilih animasi yang akan diatur timingnya.

Cara menampilkan animation pane
Anda klik tab Animation dan klik tool Animation Pane.

Cara mengatur TIMING animasi

Setelah anda menambahkan animasi, langkah selanjutnya yaitu mengatur timing untuk animasi. Saat anda klik tab animasi, maka anda akan melihat grup Timing pada toolbar (ribbon). Pada grup tersebut terdapat beberapa tool yang dapat anda gunakan untuk mengatur animasi anda.

Cah Ngrupit
Keterangan:
Start : untuk mengatur kapan animasi akan dimulai,apakah pada saat di click (On click), bersamaan dengan animasi sebelumnya (With Previous) atau setelah animasi sebelumnya selesai diputar (after previous).
Duration : untuk mengatur rentang (durasi) animasi.
Delay : untuk mengatur penundaan pemutaran animasi (jika diperlukan).
Move earlier & move later : untuk mengubah urutan animasi pada animation pane.

Comments