Cara membuat katalog di Microsoft Publisher 2013 & 2016

Cara membuat catalog di Microsoft Publisher sebenarnya cukup mudah. anda dapat memanfaatkan fitur insert catalog page untuk membuatnya. Berikut detail cara membuat katalog di publisher, mungkin terlihat paparan cukup panjang tapi jika dipraktikan sebenarnya cukup cepat dan mudah.

Tahap 1 Membuat List

Anda bisa membuat file untuk List anda di Microsoft Excel. Adapun informasi yang perlu anda entrikan ke lembar kerja excel adalah informasi yang akan dimasukkan dalam mail merge. Sebagai contoh, di mail merge anda berencana memasukkan nama, gambar dan deskripsi untuk gambar tersebut.

Maka silahkan anda memasukkan data anda pada lembar kerja dan kelompokkan pada kolom-kolom tertentu. misalnya anda bisa mengelompokkan nama-nama pada kolom Name, path (gambar) pada kolom picture_paths dan deskripsi pada kolom deskeripsi dan seterusnya. Pada kolom yang berisikan gambar anda tidak perlu memasukkan gambarnya, melainkan anda hanya perlu memasukkan path dari gambar.
Cah Ngrupit
Setelah anda selesai mengentrikan data anda, maka selanjutnya simpan lemabr kerja excel tersebut dikomputer anda. Anda bisa memberi nama pada file tersebut sesuka hati anda. Ingat-ingat, dimana anda menyimpan file tersebut, karena nantinya akan digunakan sebagai List.

Catatan penting!

Path merupakan sederet informasi yang menunjukkan lokasi file gambar tersebut berada. darimana anda mengetahui path sebuah gambar? cara mengetahuinya yaitu anda buka folder dimana gambar anda berada, lalu anda klik file gambar tersebut dan klik kanan mouse.

Setelah itu anda klik Properties dan muncullah jendela properties. Dari jendela tersebut anda bisa mengetahui lokasi gambar dan nama file. Pada bagian location anda bisa melihat informasi lokasi sedang nama file anda bisa melihatnya pada kotak nama file.
Cah Ngrupit
Path merupakan gabungan antara informasi lokasi dan nama file. Kedua informasi digabungkan dengan menambahkan tanda garis miring terbalik (backslash=\) diantar keduanya.

Contoh:

Lokasi yaitu C:\Users\Dian.Dian-PC\Desktop\PICTURE 
Nama file adalah Chrysanthemum.jpg
Maka path dari gambar adalah C:\Users\Dian.Dian-PC\Desktop\PICTURE\ Chrysanthemum.jpg

Tahap 2 Mengatur halaman untuk catalog

Silahkan anda membuka halaman kosong di Microsoft Publisher, kemudian setting halaman tersebut terlebih dahulu. Anda bisa menentukan ukuran kertas yang digunakan (size), mengatur orientasi halaman (posisi kertas) dan juga margin.

Tahap 3 Mulai membuat catalog

a. Menambahkan List

Setelah anda selesai mengatur halaman anda, lalu anda klik tab Insert dan klik tool Catalog Pages. Berikutnya muncul tab Format (Catalog Tools), silahkan anda klik tab format tersebut. Kemudian anda klik tool Add List yang ada pada ribbon.

Lalu muncul dropdownlist, dan anda bisa memilih opsi  Use an existing list. Lalu terbuka jendela select data source, kemudian anda bisa memilih file excel (List) yang telah anda buat sebelumnya (telah dibuat pada tahap 1) dan klik Open.

Saat muncul dialog box Select table, silahkan anda memilih sheet dimana data berada dan klik OK. Berikutnya yang muncul adalah jendela Catalog merge product list, pada jendela tersebut anda bisa memilih daftar mana saja yang akan dibuat katalog. Jika anda memutuskan untuk menggunakan seluruhnya, maka pastikan seluruh item tercentang dan klik OK.

Catatan: 

Apabila anda belum membuat list seperti yang saya telah jelaskan pada tahap 1, maka anda bisa memilih Type a New List. Setelah muncul jendela New Product List, anda bisa mengentrikan data anda disana.

b. Mengatur catalog merge area, jumlah kolom dan baris pada catalog

Langsung saja anda perhatikan halaman publikasi, anda akan melihat kotak untuk mendesain mail merge anda. anda bisa mengatur ukuran kotak tersebut (Catalog Merge Area). Lalu anda klik kotak tersebut, kemudian anda klik tab Format (Catalog tools). Selanjutnya anda klik tool Rows and Columns dan anda bisa mengatur jumlah baris dan kolom untuk satu halaman di catalog anda.

c. Menyisipkan bagian-bagian katalog ke catalog merge area 

Anda klik bagian catalog merge area yang ada di halaman. Kemudian anda klik tab Format (Catalog tools). Lalu anda klik Picture Field dan pilih Picture_Paths. Berikutnya muncul frame gambar pada catalog merge area, kemudian anda bisa menyesuaikan ukurannya.

Cah Ngrupit

Catatan: 

Picture_Paths merupakan header pada kolom path gambar yang ada di file excel saya (List). Apabila anda menggunakan judul kolom (header) yang berbeda maka yang muncul ketika anda mengklik Picture field juga beda. Yang muncul pada Picture Field tergantung pada nama header pada file excel anda.

Selanjutnya anda klik tab Format (Catalog tools), lalu klik Text Field dan pilih bagian yang akan dimasukkan dalam katalog. Misalnya Name dan description. Setelah itu atur posisi bagian tersebut di catalog merge area sesuai dengan keinginan. Anda juga memformat text field seperti anda memformat text pada umumnya.

d. Mengakhiri catalog

Caranya anda klik tab Format (Catalog tools), lalu perhatian bagian grup merge. Untuk menbuat katalog pada halaman publisher yang baru maka anda bisa mengklik Merge to New. Sedangkan untuk menambahkan catalog pada file publisher yang telah anda simpan sebelumnya anda bisa memilih Add to existing. Dan terakhir anda bisa memilih opsi Print untuk mencetak catalog anda.

Setelah anda selesai membuta halaman catalog anda bisa menambahkan halaman cover atau lainnya untuk melengkapi katalog anda.

Comments

Related content