Cara membuat grafik kombinasi (combo) batang dan garis di Microsoft Excel 2013 & 2016

Cara membuat grafik gabungan di excel sebenarnya sangat mudah. hal tersebut biasanya dibutuhkan ketika anda memmpunyai dengan series berlainan dan nilai yang berbeda juga.

Misalnya anda ingin membuat sebuah grafik yang menyajikan series a dan series b, dimana anda ingin mempresentasikan series dalam tipe grafik batang, sedangkan untuk series b anda ingin menampilkan dalam tipe garis.

Hal tersebut sangat mungkin dilakukan dengan memanfaatkan fitur insert combo chart. Anda bisa membuat satu grafik secara utuh yang terdiri dari beberapa tipe grafik yang berbeda sesuai dengan jumlah series yang diperlukan. Berikut detail cara membuat combo chart (grafik kombinasi).

Pertama silahkan anda membuka program Microsoft Excel, lalu anda entrikan data anda ke lembar kerja excel. kemudian anda blok data anda. lalu anda klik tab INSERT. Berikutnya anda klik tool Combo pada grup chart (Icon untuk tool ini berupa gabungan dua grafik yaitu grafik  batang dan garis).
Cah Ngrupit
Setelah anda mengklik tool Combo Chart, lalu anda klik Create Custom Combo Chart… berikutnya muncul jendela untuk Insert Chart. Dengan tab yang terbuka adalah All Chart dengan tipe grafik Combo. 
Cah Ngrupit
Anda akan melihat beberapa pilihan untuk tipe Combo. Silahkan anda memilih Custom Combination. Sedangkan pada bagian Choose the chart type and axis for your data series: anda bisa menentukan tipe grafik  untuk masing-masing series.

Sebagai contoh anda bisa memilih tipe Clustered Column (batang) untuk series A dan tipe Line (garis) untuk series B. selain itu anda bisa menambahkan secondary axis dengan mencentang kotak Secondary axis. Terakhir anda klik OK. Dan grafik akan secara otomatis ditambahkan ke lembar kerja.

Cara mengubah warna grafik 

Langsung saja anda klik bagian yang ingin anda ubah warnanya. Lalu anda klik kanan mouse. anda akan melihat fitur Fill dan Outline. Anda bisa mengklik Fill untuk mengubah warna bagian isi, sedangkan Outline untuk warna garis dan bagian yang telah anda klik.

Untuk mengubah warna teks pada grafik  maka anda bisa mengklik teks tersebut. Lalu klik tab Home dan gunakan Font Color untuk mengganti warnanya. Cara ini sangat mudah karena caranya biasa seperti anda mengubah warna teks pada umumnya di excel, word atau lainnya.

Cara mengubah tipe grafik untuk masing-masing series

Apabila anda telah berubah pikiran dan ingin mengganti tipe grafik pada masing-masing series, maka anda bisa melakukannya dengan cepat. Caranya anda klik grafik anda, lalu akan muncul tab DESIGN (CHART TOOLS). Selanjutnya anda klik Change Chart Type yang tersedia pada ribbon. Lalu tampillah jendela Change Chart Type dan anda bisa mengubah tipenya dan terakhir anda klik OK.

Cara menambahkan keterangan pada combo chart

Anda klik grafik, lalu klik tab DESIGN (CHART TOOLS) dan klik Add Chart Element yang ada pada ribbon. Kemudian terlihat menu dropdown yang berisi beberapa opsi keterangan yang dapat dipilih.

Selanjutnya anda dapat memilih keterangan apa yang ingin ditambagkan. Beberapa keterangan yang bisa anda tambahkan seperti trendline, legend, gridlines, error bars, tabel (data table), label (data labels), judul grafik (Chart title), judul untuk masing-masing sumbu dan keterangan sumbu.

Format grafik lebih lanjut

Jika anda ingin menerapkan pemformatan lebih lanjut ke grafik anda, maka langsung klik bagian dari grafik yang akan diformat. Lalu anda klik kanan mouse dan pilih opsi yang berawalan Format…
Lalu akan muncul panel di sisi kanan jendela word yang berisi berbagai macam tool yang bisa dimanfaatkan untuk memformat grafik kombinasi anda lebih lanjut.

Comments

  1. terimakasih :D...artikel nya sangat membantu

    ReplyDelete

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungan anda. Silahkan tinggalkan tanggapan, pesan atau pun pertanyaan anda pada kolom komentar.