Cara membuat diagram scatter (X,Y) di Microsoft Excel 2013 & 2016

Cara membuat diagram scatter  di excel sebenarnya tidak sulit. Caranya yaitu, pertama anda buka lembar kerja di excel terlebih dahulu. Kemudian anda entrikan data anda. setelah itu anda blok (pilih) seluruh data dalam tabel.

Berikutnya anda klik tab INSERT dan klik fitur Insert Scatter (X,Y) or Buble Chart. Fitur tersebut berupa icon diagram scatter. Lalu langsung saja anda pilih model diagram scatter yang anda butuhkan. Maka seketika diagram scatter pun ditambahkan ke lembar kerja anda.
Cah Ngrupit

Setelah diagram anda jadi anda bisa mengubah desain dan memformat diagram. Ketika anda mengklik diagram tersebut anda akan melihat dua tab baru muncul. Yaitu tab DESIGN dan FORMAT (CHART TOOLS). Dalam kedua tab tersebut tersedia berbagai macam tools yang bisa anda gunakan untuk mengubah desain dan format diagram.
Cah Ngrupit

Tab design

Setelah anda klik diagram kemudian mengklik tab DESIGN, maka anda akan melihat beberapa tool berikut:

Add Chart Element: untuk menambahkan element baru pada diagram anda. seperti keterangan pada sumbu (Axes), judul untuk masing-masing sumbu (axis titles), judul diagram (chart title), data labels, error bars, gridlines, legend dan trendline (garis).

Quick Layout untuk mengganti susunan (layout) diagram dengan cepat.
Change Color untuk mengubah warna diagram dengan cepat

Chart Style untuk menerapkan gaya tertentu pada diagram sesuai dengan pilihan gaya yang tersedia pada kolom chart style. Anda bisa mengklik gaya tertentu untuk memilih dan menerapkannya pada diagram anda.

Switch Row/Column untuk mengubah urutan data yang digunakan sebagai dasar pembuatan chart.

Select Data untuk memilih atau mengubah data yang digunakan untuk acuan diagram. Apabila anda telah memperbaharui data anda, maka silahkan anda klik fitur ini. Kemudian muncul jendela Select Data Source. Lalu klik dan kosong kotak chart data range dan blok seluruh data yang baru dan terakhir anda klik OK.

Change Chart Type untuk mengubah tipe chart

Move Chart untuk memindahkan diagram ke sheet lain, misalnya ke sheet khusus chart atau sheet 1 atau pun sheet dua.

Tab format

Sedangkan pada tab FORMAT tersedia tools berikut:

Chart Element (kotak chart element ada diatas fitur format selection). Digunakan untuk memilih element atau bagian chart sebelum anda menampilkan format selection atau menerapkan warna efek dan sebagainya.

Format Selection untuk menampilkan panel format. Apabila anda ingin memformat diagram, maka pilih bagian yang akan diformat. Lalu anda klik Format selection. Dan panel format akan muncul di sisi kanan jendela excel anda.
Cah Ngrupit

Sebagai contoh anda ingin memformat trendline (garis pada tengah diagram). Maka pada bagian chart element anda telah memilih series 1 trendline 1. Kemudian anda bisa klik format selection dan panel akan muncul.

Lalu anda bisa memformat mengubah warna (fill & line), memberikan effect dan menerapkan opsi lanjutan pada trendline (Trendline options).

Reset to Match Style untuk mereset seluruh format yang telah anda terapkan pada diagram.
Insert Shape untuk menyisipkan gambar bentuk (shape).

Change Shape untuk mengubah shape.
Shape Style mengaplikasikan gaya tertentu pada elemen yang telah dipilih

Shape Fill mengubah warna isi elemen
Shape Outline mengganti warna garis pada elemen

Shape Effects menambahkan efek pada elemen
WordArt Styles menerapkan gaya WordArt untuk teks

Text Fill untuk mengubah warna isi teks
Text Outline untuk mengganti warna garis pada teks
Text Effect memberikan efek pada teks

INGAT!!!!
Tab DESIGN dan FORMAT (CHART TOOLS) hanya muncul ketika anda sudah mengklik diagram

Comments

  1. Maaf, kalau mau ngerubah sumbu axis x nya gmn, misal : dr angka 1,2,3, dst ingin d rubah menjadi sesuai perlakuan penelitian yg kita lakukan?terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bila yang anda maksud Cara mengubah nilai pada sumbu X (nilai minimal & maksimal). Maka anda bisa klik deretan angka pada sumbu x di grafik. Lalu klik kanan dan pilih Format Axis. Muncul panel. Pada panel, anda bisa mengubah nilai Bounds (Minimum dan Maximum). Semoga bisa membantu!

      Delete

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungan anda. Silahkan tinggalkan tanggapan, pesan atau pun pertanyaan anda pada kolom komentar.