Cara membuat diagram (grafik) garis di Microsoft Excel 2013 & 2016

Cara membuat diagram garis (Line) di Excel 2013 & 2016 sebenarnya cukup mudah . Pertama anda buka program excel terlebih dahulu. Masukkan data ke lembar kerja. Kemudian anda blok (pilih seluruh) seluruh sel yang berisi data anda. Kemudian anda klik tab Insert dan tool Insert Line Chart (tool ini disimbolkan dengan icon grafik garis).
Cah Ngrupit
Berikutnya muncul dropdown list yang berisi beberapa pilihan gaya untuk line chart.langsung anda klik salah model diagram yang anda ingin, dan secara otomatis diagram akan ditambahkan ke lembar kerja.

Cara menambahkan keterangan pada diagram

Anda klik diagram anda terlebih dahulu, selanjutnya anda akan melihat tab DESIGN (Chart Tools) muncul pada ribbon. Lalu anda klik tab design tersebut dan klik tool Add Chart Element. Berikutnya langsung saja anda pilih elemen yang dibutuhkan.

Elemen yang bisa anda tambahkan ke diagram anda seperti axes (keterangan untuk setiap sumbu), axis tittle (judul pada masing-masing sumbu), chart title (judul diagram/grafik), data labels, data table, error bars, gridline, legenda, line dan up/down bars.

Cara mengganti sumbu utama pada diagram

Apabila diagram anda mempunyai lebih dari satu data series, maka anda bisa menentukan primary axis (sumbu utama) dan secondary axis (sumbu sekeunder). Caranya, anda klik diagram anda, lalu anda klik tab Format (Chart Tools).
Cah Ngrupit
Lalu pada kotak chart element (posisi kotak ini diatas format selection) dan pilih series keberapa ingin anda jadikan primary atau pun secondary axis. Kemudian anda klik fitur format selection. Selanjutnya muncul panel disisi kanan jendela. Terakhir anda bisa menentukan primary atau secondary axis pada bagian series options di panel tersebut.

Cara mengubah warna diagram

Langsung klik bagian yang ingin ganti warnanya. Lalu anda klik kana mouse. anda akan melihat fitur fill dan outline. Anda bisa memilih fill untuk mengubah warna bagian isi dan outline untuk mengubah warna garisnya.

Cara mengganti data dan tipe diagram

Anda klik diagram anda. lalu anda klik tab DESIGN (Chart tools). Lalu untuk mengganti data silahkan anda klik fitur select data pada ribbon. Berikutnya akan muncul jendela select data source. Anda kosongka kotak Chart data range, kemudian blok data yang baru dan terakhir klik OK. Sedangkan untuk mengubah tipe diagram anda bisa mengklik Change Chart Tipe pada ribbon. Lalu pilih tipe dan model yang dibutuhkan.

Comments

Related content