Cara mengurutkan data di Microsoft Word 2010, 2013 & 2016

Cara mengurutkan data di ms Word ebenarnya cukup mudah. Karena pekerjaan mengurutkan data merupakan pekerjaan yang jarang dilakukan namun sebaiknya anda mengetahui langkah-langkah untuk melakukannya.

Untuk mengurutkan data di word anda dapat memanfaatkan tool Sort, fitur tersebut digunakan untuk menyortir data. Anda bisa mengurutkan data anda baik yang berupa teks (text), angka (number) atau pun tanggal (date), baik data anda dalam bentuk paragraph atau pun kolom.

Anda dapat mengurutkan angka dari yang terkecil ke terbesar atau sebaliknya, mengurutkan teks sesuai dengan urutan alphabet (bisa dari huruf awal (A) atau pun huruf akhir Z) dan anda juga dapat mengurutkan tanggal berdasarkan tanggal terbaru atau sebaliknya.

Cara mengurutkan paragraf

Silahkan anda buka dokumen anda di word atau anda dapat membuka dokumen baru lalu memasukkan data anda terlebih dulu. Kemudian anda blok (pilih) seluruh data. Lalu anda klik fitur Sort (Cah Ngrupit)yang ada pada ribbon, lebih tepatnya pada grup paragraph.

Berikutnya akan muncul dialog tab untuk Sort Text. Pada kolom Sort by silahkan anda pilih Paragraph dan pada kolom Type silahkan anda pilih Text. Kemudian klik Ascending untuk menguru data dari A ke Z dan pilih Descending untuk sebaliknya. Terakhir anda klik OK.

Cara mengurutkan data dalam tabel

Sebagai contoh misalnya anda memilih sebuah tabel yang terdiri dari 3 kolom. Kolom pertama berisi nama, sedangkan kedua kolom lainnya berisi score (angka). Kemudian anda ingin mengurutkan nama dalam tabel tersebut, meskipun demikian score untuk setiap nama tida boleh berubah.
Cah Ngrupit
Jadi misalnya siswa yang bernama Josephine  memiliki score 201, 120. Maka ketika urutan Josephine berubah tapi score Josephine tidak berubah. Caranya yaitu:

Pertama, silahkan anda blok seluruh data dalam tabel anda. kemudian anda klik tool Sort (icon AZ dengan tanda panah). Berikutnya tampilah dialog box Sort. Apabila tabel anda mempunyai header maka anda klik Header row pada bagian My list has.
Cah Ngrupit
Kemudian pada kolom Sort by, silahkan anda Name di kolom yang akan diurutkan.  Pada kolom Then by pertama pilih Score 1 dan kolom Then by kedua pilih Score 2. Terakhir anda klik OK.

Catatan:
Name, score 1 dan score 2 merupakan baris header pada tabel saya. Apabila tabel anda mempunyai header berbeda, maka nama-nama tersebut juga berupa judul header tabel anda. Apabila tabel tidak memiliki header maka anda bisa memilih No Header pada bagian My list has. Dan pada pilihan Sort by dan Then by anda akan langsung melihat pilihan Column.

Comments