Cara membuat PivotTable di Microsoft Excel 2013 & 2016

Anda bisa membuat PivotTable dengan mudah di Excel 2013 & 2016. Anda bisa menempatkan PivotTable anda pada sheet yang sama dimana data anda berada ataupun di sheet yang berbeda. Berikut detail cara membuatnya.

Cara membuat PivotTable 

 Langsung saja anda buka Excel 2013, lalu anda masukkan data anda dalam lembar kerja. Kemudian anda blok seluruh data dalam range dan klik tab INSERT. Selanjutnya pada grup table anda klik tool PivotTable.
Cah Ngrupit
Setelah muncul dialog box Create PivotTable anda akan melihat pada kolom select table or range telah terisi, itu karena anda telah memblok data. Lalu pada bagian choose where you want the PivotTable…. Anda bisa memilih dimana anda ingin menempatkan PivotTable anda.

Anda bisa memilih New Worksheet untuk menempatkan PivotTable di worksheet baru. Dan anda bisa memilih existing worksheet untuk menempatkan PivotTable pada sheet yang dimana data anda berada. Ketika anda memilih new worksheet maka setelah anda mengklik OK maka akan terbuka  sheet baru.

Sedangkan jika anda memilih existing worksheet, maka lanjutkan dengan mengklik kotak Location. Lalu klik di cell mana anda ingin menempatkan, dan kembali lagi ke dialog box dan anda klik OK.
Setelah muncul PivotTable, maka anda akan melihat panel pivotable Fields disisi kanan jendela excel anda. Pada kotak Choose fields to add report anda akan melihat item-item dari header kolom dari data anda.
Cah Ngrupit

Berikutnya anda bisa drag (klik dan seret) item tersebut pada kotak di bawahnya. Seperti kotak filters, columns, rows dan values.

Cara mengaktifkan automatic refresh 

Dengan mengaktifkan automatic refresh maka data pada PivotTable akan selalu diperharui setiap anda membuka PivotTable. Hal ini tentunya sangat menguntungkan bila data sumber untuk PivotTable (pivottable Source Data) berasal dari lembar kerja yang berbeda.

Cara mengaktifkan automatic refresh yaitu anda klik PivotTable anda, lalu anda klik kanan mouse dan pilihlah PivotTable options. Setelah itu  muncul dialog box PivotTable Options yang berisi barisan tab seperti layout & Format, Total & Filters, Data dan seterusnya. Langsung saja anda klik tab Data. Lalu centang kotak Refresh data when opening the file dan klik OK. Selesai.

Cara mengganti data untuk PivotTable

Untuk mengubah data PivotTable silahkan and amengklik PivotTable anda terlebih dahulu. Kemudian anda akan melihat tab ANALYZE (PIVOTTABLE TOOLS) pada ribbon. Langsung saja klik tab ANALYZE tersebut dan klik Change Data Source pada ribbon.

Berikutnya pilih Change Data Source. Setelah itu muncul dialog box Change PivotTable Data Source. Pada kotak table/range silahkan anda kosongkan (hapus data). Kemudian anda blok data yang baru dan terkahir klik OK.

Cara menampilkan dan menyembunyikan tombol plus minus

Apabila anda melihat baris tanggal maka anda akan tanda plus dan minus yang digunakan untuk membuka dan menutup (melipat) data. Silahkan anda klik tab ANALYZE, lalu anda klik tool Button  yang ada pada ribbon (lihat deretal tool paling kanan).

Cara mengubah gaya PivotTable

Anda klik PivotTable, lalu anda klik tab DESIGN (PIVOTTABLE TOOLS). Dan pada kolom PivotTable Styles anda dapat memilih gaya yang ingin anda terapkan.

Comments