Cara membuat katalog (daftar produk) di Microsoft Word

Di ms word anda bisa membuat daftar produk (katalog) dengan sangat mudah. anda bisa membuat daftar produk dengan memanfaatkan fitur mail merge directory. Ada tiga tahapan yang perlu anda lakukan. Yaitu, membuat daftar product (recipient list), kedua mendesain tampilan product, memasukkan bagian-bagian mail merge ke dokumen,  mengakhir mail merge.

Baca juga : Cara membuat mail merge yang melibatkan gambar

Tahap 1 

Anda bisa membuat daftar product dengan program Microsoft Excel. anda bisa memasukkan berbagai macam keterangan yang berkaitan dengan produk kecuali gambar pada kolom-kolom secara berurutan.
Cah Ngrupit
Misalnya kolom pertama anda bisa mengisinya dengan nomor item atau nama produk, lalu pada kolom kedua deskripsi produk, berikutnya harga dan seterusnya sesuai dengan data yang anda.
Setelah anda mengentrikan data sepuyar produk lalu anda simpan file tersebut dengan nama file yang mudah anda ingat. Dan ingat-ingat di folder mana anda menyimpannya.

Tahap 2

Pada tahap ini anda membuat desain informasi dalam katalog untuk satu produk saja. Buka Microsoft Word 2013 lalu mulailah menrancang. Desain in sebagai contoh yang nantinya akan dijadikan acuan. Berikut contoh gambar desainnya, apabila anda ingin desain tersebut maka anda bisa mengunduhnya.

Cah Ngrupit

Catatan: pada contoh desain yang telah saya buat, saya membuatnya dalam dua kolom. Kolom pertama saya isi dengan picture content control dan kolom kedua saya isi dengan informasi seperti Product ID, Category, Description dan seterusnya. Lalu border (bingkai atau garis) pada kedua kolom tersebut saya hilangkan.

Cara menyisipkan picture content control yaitu anda klik tab Developer. Lalu klik tool Insert Picture Content Control yang ada pada grup Controls. Kalau anda kesulitan menemukan Insert Picture Content Control, maka anda bisa mengarahkana kursor ke arah icon-icon dan anda akan melihat namanya muncul.

Tahap 3 

Ingat! 
Semua tool yang digunakan pada tahap ini ada pada tab MAILINGS, maka pastikan anda telah mengklik (membuka) tab MAILINGS

Pada langkah ini anda akan membuat mail merge. Silahkan anda klik tab MAILINGS, lalu anda klik Start Mail Merge dan pilihlah Directory. Berikutnya anda klik Select Recipients dan pilihlah Use an existing list. Pilih file excel yang telah anda buat sebelumnya (pada tahap 1). Lalu anda sheetnya dan klik OK.

Lalu berikutnya adalah tahap memasukkan bagian mail merge atau merge field. Caranya anda klik di akhir teks ID product (pada desain anda), lalu anda Insert Merge Field (pas di mata panahnya) dan klik  Item Number.
Cah Ngrupit

Lalukan hal tersebut pada description, category dan seterusnya. Teks yang muncul pada insert merge field tergantung pada judul kolom pada data recipient list. Jadi data anda dan saya bisa jadi berbeda. Untuk melihat hasil pratinjau untuk satu desain tersebut anda klik Preview Result.

Tahap 4

Saatnya mengakhiri proses mail merge. Anda klik Finish & Merge lalu pilih edit individual documents. Apabila muncul merge record silahkan pilih All dan klik OK.

Tahap 5

Setelah itu anda akan melihat catalog 90 % jadi, yang kurang adalah gambarnya. Karena tadi anda menggunakan picture content control, maka anda hanya perlu mengklik gambar yang tersedia dan memilih file dari computer anda (From a File). Untuk gambar anda harus memasukkan satu persatu hingga selesai.


Tambahan!
Apabila kurang jelas anda bisa menonton cara membuatnya pada salah satu video di channbel youtube saya. Terima kasih


Comments

  1. membantu mas thanks ya, cuman next nya penjelasan gambar lebih mudah di mengerti.

    ReplyDelete

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungan anda. Silahkan tinggalkan tanggapan, pesan atau pun pertanyaan anda pada kolom komentar.

Related content