Cara membuat diagram lingkaran (pie) di Microsoft Excel 2013

Cara membuat diagram pie (lingkaran) di Excel cukup mudah. Caranya yaitu langsung saja anda buka lembar kerja excel, bisa lembar kerja baru atau lembar kerja yang telah anda buat sebelumnya. Kemudian masukkan data anda pada lembar kerja.

Setelah anda selesai mengentri data, kemudian anda blok data anda tersebut. Selanjutnya anda klik tab INSERT. Kemudian perhatikan grup Chart, lalu anda klik tool Pie or Doughnut Chart (icon untuk tool ini berupa lingkaran pecah). Setelah muncul model-model diagram lingkaran baik yang 3D atau 2D, silahkan anda klik salah model diagram.
Cah Ngrupit

Cara menambahkan keterangan pada diagram

Ada beberapa keterangan yang dapat anda tambahkan ke diagram lingkaran anda. Yaitu, judul diagram (Chart title), keterangan nilai (data labels) dan juga legend (legenda). Cara menambahkan keterangan-keterangan tersebut tidak sulit.
Cah Ngrupit
Silahkan anda klik diagram anda, kemudian anda akan melihat tab DESIGN (CHART TOOLS). Silahkan anda mengklik tab DESIGN tersebut, kemudian anda klik tool Add Chart Element. Lalu muncullah pilihah. Sebagai contoh anda ingin menambahkan label, maka anda klik Data Labels.
Dan terakhir pilih dimana anda ingin menambahkan label tersebut. Misalnya untuk menambahkan label di dalam bagian diagram maka anda bisa memilih Center. 

Cara mengubah warna diagram

Untuk mengubah warna diagram, silahkan anda klik bagian yang diubah warnanya. Lalu anda klik tab FORMAT (CHART TOOLS). Lalu anda bisa mengklik Shape Fill untuk mengubah warna isi, Shape Outline untuk mengganti warna garis dan Shape Effects untuk memberi efek pada bagian yang telah anda klik.

Apabila anda ingin mengubah gaya diagram secara cepat, maka anda bisa mengklik diagram lalu klik tab DESIGN dan pilih gaya diagram pada ribbon grup Chart Styles.

Cara mengubah data untuk diagram

Anda dapat mengubah data diagram kapanpun juga. Anda bisa menambahkan data baru yang diperlukan. Selanjutnya anda klik diagram dan klik tab DESIGN. Selanjutnya anda klik tool Select Data pada ribbon.

Kemudian muncul dialog box Select Data Source.  Silahkan anda hapus data pada kotak Chart Data range. Klik kotak tersebut, lalu anda blok seluruh data pada lembar kerja. Terakhir anda klik OK.

Comments