Cara membuat & memformat diagram batang di Microsoft Excel 2013

Cara membuat diagram batang di Excel 2013 cukup mudah. Anda bisa membuat diagram batang baik yang dua dimensi atau pun tiga dimensi. Selain itu anda juga dapat memilih model berumpun (clustered column) dan model bertingkat(stacked column).

Tidak hanya itu, anda juga dapat memformat diagram anda. Anda bisa mengubah warna diagram (baik warna isi atau warna garis tepi), anda dapat menentukan jarak atau celah antar batang diagram yang telah anda dan berbagai maca format lainnya.

Caranya membuat diagram batang

Yaitu, silahkan anda membuka program Microsoft Excel 2013. Kemudian masukkan data anda dalam tabel. Setelah anda selesai mengentri data, berikutnya anda blok seluruh data dalam tabel. Kemudian silahkan anda mengklik tab Insert. 
Cah Ngrupit
Lalu pada grup charts anda klik tool Insert column chart (icon diagram batang), anda klik salah satu model diagram. Dan diagram batang pun secara otomatis ditambahkan ke lembar kerja.

Cara mengubah warna diagram batang

Anda klik bagian tertentu dari diagram yang akan diubah warnanya, lalu anda akan melihat tab Format (Chart tools) muncul. Lalu anda  klik Shape fill untuk mengubah warna bagian isi dan Shape outline untuk mengganti warna pada garis. Selanjutnya pilih warna yang menurut anda sesuai.
Cah Ngrupit
Tips: cara lain untuk mewarnainya, anda klik bagian tertentu dari diagram, lalu klik kanan mouse dan anda selanjutnya  akan nampak fitur fill dan outline. Anda bisa menguba warna dengan memanfaatkan kedua fitur tersebut.

Cara mengatur jarak celah antar batang pada diagram

Anda klik batang (data series) pada diagram, lalu anda klik kanan mouse. Berikutnya anda klik Format data series…. Selanjutnya panel format pun akan muncul di sisi kanan jendela excel. Lalu anda bisa mengubah besar presentase pada bagian Gap Width untuk mengatur jarak antar celah.

Cara menambahkan keterangan (element) baru pada diagram

Anda bisa menambahkan berbagai macam keterangan pada diagram anda. Misalnya label, judul, tabel, legend dan sebagainya. Langkah-langkahnya yaitu Anda klik diagram anda, lalu anda klik tab Design (chart tools). Berikutnya klik Add chart element. Lalu pilih element yang inginkan ditambahkan.

Tambahan: Ketika anda mengklik bagian tertentu pada diagram, lalu anda klik kanan mouse dan memilih format.... Maka secara langsung panel format akan muncul. Panel tersebut berisi berbagai macam fitu untuk memformat object yang telah anda pilih dari diagram (baik object yang berupa gambar atau pun teks).

Comments

Related content