Cara Freeze & Unfreeze panes baris atau kolom di Microsoft Excel 2013

Cara Freeze & Unfreeze di excel - Freeze panes merupakan salah satu fitur yang sangat berguna ketika anda bekerja dengan jumlah data yang sangat banyak di Microsoft Excel. Dengan menggunakan fitur ini anda dapat membekukan satu atau lebih baris dan kolom.

Jadi ketika anda melakukan freeze pada baris atau kolom tertentu, maka baris atau kolom yang anda freeze tersebut tidak akan bergerak. Maksudnya baris atau kolom tersebut tetap terlihat meskipun anda menggeser halaman ke bawah, ke kanan atau lainnya.

Cara memanfaat fitur freeze ini sebenarnya tidak terlalu sulit. Anda bisa membaca detail langkah-langkah yang diperlukan untuk freeze baris atau kolom di Excel 2013 berikut:

Cara freeze baris pertama atau kolom pertama

Pertama silahkan anda membuka lembar kerja excel anda, kemudian anda klik tab VIEW. Dan anda klik tool Freeze Panes yang terdapat pada ribbon. Setelah itu akan muncul pilihan. Anda bisa langsung klik Freeze Top Row untuk membekukan baris paling atas (baris pertama). Sedangkan untuk membekukan kolom pertama (yaitu kolom A) maka anda bisa memilih Freeze First Column.

Cara freeze baris atau kolom tertentu 

Sebagai contoh anda akan memfreeze baris kelima. Maka silahkan anda klik baris keenam. Kemudian anda klik tab VIEW. Selanjutnya anda klik Freeze Panes dan pilih Freeze Panes.
Cah Ngrupit

Cara menghilangkan freeze (unfreeze)

Langsung saja anda klik baris atau kolom dimana anda melakukan freeze panes. Kemudian anda klik tab VIEW. Lalu anda klik tool Freeze Panes dan pilih Unfreeze Panes

Comments