Cara menghilangkan garis merah dan biru di Microsoft Word 2013

Cara menghilangkan garis merah dan biru di word tidaklah sulit. Untuk menghilangkannya anda hanya perlu menonaktifkan fitur spelling and grammar checking. Fitur check spelling & grammar digunakan untuk menandai teks yang memiliki kesalahan eja dan tata Bahasa.

Kesalahan pada teks ditandai dengan adanya garis biru atau garis merah di bawah teks. Garis merah menunjukkan bahwa ada kesalahan eja pada teks tersebut. Sedangkan garis biru menunjukkan adanya kesalahan tata Bahasa pada teks bersangkutan.

Cara menghilangkan garis merah dan biru pada seluruh dokumen 

Yaitu anda buka program ms word, lalu anda klik tab FILE. Selanjutnya anda klik Options. Lalu munculah dialog box untuk Word Options. Berikutnya anda pilih opsi Proofing (lihat nomor 1 pada gambar). Kemudian anda hilangkan tanda centang pada kotak Check spelling…. Dan kotak Mark grammar errors… (lihat nomor 2 pada gambar) dan terakhir anda klik tombol OK.
Cah Ngrupit
Catatan: kotak Check Spelling digunakan untuk mengaktifkan atau pun menonaktifkan pemeriksaan salah eja (Check Spelling), dalam kasus ini artinya untuk menghilangkan garis merah. Sedangkan kotak Mark Grammar Error…. digunakan untuk mengaktifkan atau pun menonaktifkan pemeriksaan kesalahan tata bahasa, dalam kasus anda artinya untuk menghilangkan garis biru.

Setelah anda mengimplementasikan pengaturan di atas, maka secara otomatis fitur spelling and grammar checking akan dinonaktifkan pada seluruh dokumen. Baik itu dokumen yang baru anda buat atau pun dokumen lama yang anda buka kembali.

Cara menghilangkan garis merah dan biru pada dokumen tertentu saja

Caranya anda buka ms, lalu klik tab FILE. Selanjutnya anda klik Options. Setelah dialog box untuk Word Options muncul silahkan anda pilih Opsi Proofing (lihat nomor 1 pada gambar). Kemudian anda hilangkan centang pada kotak Hide spelling error dan kotak Hide grammar error ….. (lihat nomor 3 pada gambar).

Sedangkan pada kotak Exceptions for, silahkan anda memilih pada dokumen mana anda ingin mengaplikasikan pengaturan tersebut. Pilihannya yaitu anda bisa mengaplikasikannya pada semua dokumen baru (All New Documents) atau pada dokumen tertentu yang sedang aktif/dibuka ( misalnya Document1, Document2 atau nama dokumen anda).

Terakhir anda klik tombol OK. Setelah anda menerapkan cara tersebut, maka secara otomatis anda tidak akan lagi melihat garis biru atau pun merah pada dokumen yang anda pilih tadi.