Cara mengaktifkan Spelling & Grammar di Microsoft Word 2013 & 2016

Cara mengaktifkan fitur Spelling & Grammar Checker di Word tidaklah sulit. Kenapa anda perlu mengaktifkan fitur ini? Karena fitur ini akan membantu anda dalam mengoreksi teks dokumen anda, khusunya dalam hal ejaan dan tatabahasa.

Sebagai contoh, misalnya anda menulis teks “Pretty”, kemudian anda salah mengetikkan ejaanya yaitu Prettyy. Selanjutnya jika fitur spelling  checker aktif, maka anda akan melihat garis merah di bawah teks tersebut.
Cah Ngrupit
Apabila anda mengklik teks tersebut lalu klik kanan mouse maka anda akan melihat pilihan ejaan yang benar yaitu Pretty. Silahkan anda mengklik pilihan tersebut. Dan teks secara otomatis akan berubah jadi ejaan yang benar.

Dengan adanya fitur spelling dan grammar checker akan menghemat waktu anda dalam hal penyuntingan dokumen. Cara mengaktifkan fitur yaitu; buka Word 2013. Selanjutnya anda klik tab FILE. Berikutnya anda klik menu Options.
Cah Ngrupit
Setelah dialog box untuk Word Options muncul, maka anda bisa mengklik opsi Proofing (lihat nomor 1). Lalu anda pastikan kotak Check Spelling And Mark Grammar Error As You Type tercentang (lihat nomor 2 pada gambar).

Lalu perhatikan dibawah kotak Exceptions for, pastikan kotak Hide Spelling Error dan Hide Grammar Error tidak tercentang (lihat nomor 3 pada gambar).  dan terakhir klik OK.

Catatan:

Langkah-langkah di atas merupakan cara untuk mengaktifkan fitur Spelling & Grammar checker yang otomatis. meskipun fitur otomatis tersebut tidak aktif anda tetap dapat menggunakan fitur Spelling & Grammar Checker secara manual. yaitu anda blok teks lalu klik tab review dan klik tools Spelling & Grammar. Dan anda akan melihat panel di sisi kanan jendela word yang akan menunjukkan teks yang salah dan pilihan solusinya.