Cara membuat pecahan, akar dan pangkat di Microsoft Word 2010, 2013 & 2016

Untuk membuat pecahan (per) , pangkat dan akar di Word  sangat mudah. Anda bisa menggunakan fitur equation untuk membuatnya. Untuk detail cara menggunakan fitur ini, maka anda bisa membacanya berikut:
cah ngrupit

Cara membuat pecahan
Silahkan anda buka dokumen word, lalu anda klik tab INSERT. Lalu anda klik tool Equation. Setelah itu munculah tab DESIGN (Equation Tools) dan juga kotak untuk menuliskan rumus (kotak ini bertuliskan type equation here).

Berikutnya anda klik tab DESIGN tersebut, lalu klik Fraction yang ada pada grup structures. Setelah itu tampil beberapa pilihan gaya pecahan, silahkan anda klik salah satu.  Sebagai contoh anda bisa memilih bentuk sederhana pecahan yaitu Stacked Fraction.
Cah Ngrupit
Setelah anda memilih pecahan maka berikutnya anda akan melihat kotak Type equation here berubah menjadi kerangka pecahan. Kemudian Anda bisa mengedit kerangka pecahan tersebut secara manual. Dan jadilah bentuk pecahan yang anda inginkan. Anda bisa memformat pecahan seperti anda memformat teks pada umumnya di word.
Cah Ngrupit

Cara membuat pangkat dan akar
Cara membuat pangkat dan akar sebenarnya tidak jauh berbeda dengan cara membuat pecahan. Apabila pada membuat pecahan anda harus memilih Fraction pada grup structure, sedangkan untuk akar anda bisa memilih radical, dan script untuk pangkat.

Tips!
Apabila anda ingin menggunakan pangkat untuk menuliskan teks bukan untuk menulis rumus yang kompleks, maka anda bisa menggunakan fitur superscripts yang anda pada tab home, lebit tepatnya pada grup font.

Anda hanya perlu mengklik icon superscripts untuk mengaktifkan dan menonaktifkannya, lalu mengetikkan teks. Apabila anda belum mengetahui icon Superscripts pada grup font, maka anda bisa melihatnya pada postingan tentang toolbars font di ms Word 2013. 

Related content