Cara mengatur batas (margin) di Microsoft Word 2013 & 2016

Cara mengatur batas (margin) di word

Apa itu margin?

Ketika anda membuat dokumen di word lalu mencetaknya dan memperhatikan hasil cetakannya, maka anda akan mendapati ada ruang antara area teks dan tepi kertas. Ruang kosong tersebut berada di keempat sisi dokumen, baik kanan, kiri atas ataupun bawah.

Ruang kosong itulah yang disebut dengan margin. Ruang kosong tersebut digunakan untuk membatasi teks. Ketika dokumen dicetak, teks akan berada pada area dalam margin, sedangkan untuk header , footer dan nomor halaman akan ditampilkan dan dicetak pada margin. Pengaturan margin ini sangatlah penting. Agar dokumen yang dicetak sesuai dengan kebutuhan.

Cara mengatur margin

Anda bisa mengatur margin sebelum atau pun setelah membuat dokumen anda. tapi saya sarankan anda mengatur margin sebelum membuat dokumen anda. karena ini akan memudahkan anda dalam mengatur konten dokumen. Misalnya dalam dokumen terdapat tabel, gambar, grafik atau lainnya. Maka anda bisa mengatur ukuran object tersebut dan menyesuaikannya dengan margin.

Cara mengatur margin yaitu, buka ms Word 2013, lalu anda klik tab PAGE LAYOUT. Selanjutnya anda klik Margin yang berada pada grup page setup. Berikutnya anda akan melihat beberapa pilihan margin.
Cara mengatur margin
Jika anda ingin menerapkan salah satu margin tersebut maka anda hanya perlu mengkliknya.
Namun jika anda ingin menyesuaikan margin tertentu (manual), maka setelah anda mengklik margin anda lanjutkan mengklik Custom margins….

Tips: sebagai cara alternative untuk memunculkan jendela page setup, maka anda bisa langsung double klik pada ruler (mistar).

Setelah jendela page setup muncul, silahkan anda mengatur margin atas (top), margin kiri (left), margin kanan (righ, margin bawah (bottom), gutter dan gutter position.

Gutter margin merupakan ruang tambahan pada sisi atau atas margin sebuah dokumen. Gutter digunakan untuk memastikan agar teks atau pun konten lainnya yang berada di dekat gutter tidak terpotong atau kabur. Gutter biasanya digunakan pada sisi margin untuk halaman yang berhadapan.

Penting!

Setelah anda selesai mengatur seluruh margin, maka selanjutnya anda memilih pada penerapan pada kotak Apply to: pada bagian apply to anda bisa memilih whole document untuk menerapakan margin pada seluruh  dokumen atau this point forward untuk menerapkan pengaturan pada halaman berikutnya. Dan terakhir klik OK.