Apa itu compatibility mode di Microsoft Word?

Saat versi Microsoft word terbaru diluncurkan, maka pada versi tersebut biasanya mempunyai fitur-fitur baru. Yang mana fitur-fitur itu tidak dimiliki oleh Microsoft Word versi lama. Artinya jika anda mengolah atau membuat dokumen di Microsoft Word 2016, maka anda bisa menggunakan fitur  baru yang ada pada word 2016 tersebut seperti anda bisa membuat waterfall diagram dengan mudah.

Apabila anda membuat dokumen di ms word 2016 dan menggunakan fitur baru. Kemudian anda membuka dokumen tersebut pada word versi lama (misalnya Microsoft Word 2010) maka data-data pada dokumen yang berkaitan fitur baru tersebut tidak akan dapat diedit atau mungkin bahkan tidak terlihat pada versi lama.

Berikut gambarannya: 

Anda membuat dokumen “Sample” di Microsoft Word 2016, pada dokumen tersebut anda menyisipkan/membuat diagram boxplot menggunakan fitur box & whisper chart. Lalu anda membuka dokumen tersebut menggunakan Microsoft Word 2010.

Dan yang terjadi adalah anda memang dapat melihat diagram tersebut, namun anda tidak dapat menyunting diagram tersebut sama sekali. Hal tersebut dikarenakan fitur insert box & whisper chart tidak tersedia pada ms word 2010.

Manfaat Compatibility mode
Apabila anda menggunakan ms word versi 2013 atau 2016 maka anda akan melihat fitur yang disebut “Compatibility Mode”. Fitur ini tersedia untuk membantu anda mencegah menggunakan fitur terbaru di ms word (2013/2016).

Jadinya ketika anda membuat dokumen di Word 2013/2016 dalam compatibility mode, kemudian anda membuka dokumen tersebut dengan word versi lama maka anda tidak akan mengalami masalah. Anda bisa melihat compatibility mode sedang aktif pada title bar.
Cah Ngrupit

Apabila anda membuka program ms Word 2013/2016, maka dokumen tersebut akan berada pada compatibility mode. Jadi pada mode tersebut anda tidak bisa menggunakan fitur tersebut pada program tersebut. Akan tetapi jika anda ingin menggunakan fitur terbaru anda bisa langsung mengubahnya.

Caranya yaitu setelah anda membuka Word 2013/2016, maka anda klik tab File. Lalu pilih Info. Selanjutnya pada bagian compatibility mode silahkan anda mengklik Convert.
Cah Ngrupit
Lalu akan muncul dialog box baru seperti gambar di bawah. Pada dialog box tersebut langsung saja anda kllik OK. Dan anda sudah bisa menggunakan fitur terbaru yang ada pada ms Word 2013/2016.
Catatan: apabila anda tidak ingin ditanyai pertanyaan pada dialog box tersebut setiap anda meng-convert document. Maka anda bisa mencetang kotak “Do not Ask me again…” lalu klik OK.
Cah Ngrupit
Tips:
Apabila anda membuat sebuah dokumen di ms word terbaru (2013/2016), kemudian anda berencana membagikan document tersebut ke orang lain.  Maka sebaiknya anda membuat dokumen dalam modus  “Compatibility mode”.

Hal ini diperlukan karena anda tidak mengetahui apakah orang yang akan menerima dokumen anda tersebut menggunakan word versi terbaru atau versi jadul. Jadi hal ini dilakukan sebagai antisipasi jika orang tersebut menggunakan versi lama, maka dia tetap membaca document anda dengan benar.

Related content