Cara menggunakan read mode di Microsoft Word 2013 & 2016

Apabila anda menggunakan ms Word 2013 & 2016 untuk membaca dokumen saja, alias bukan untuk membuat dan mengelola dokumen maka sebaiknya anda mencoba menggunakan fitur Read Mode. Dengan fitur ini anda bisa membaca dengan lebih leluasa tanpa terganggu dengan adanya tools pada ribbon yang biasanya anda gunakan untuk mengedit dokumen.

Pada modus read mode anda hanya akan melihat tiga tabs saja pada ribbon. Yaitu tab File, tab Tools dan tab View.  Cara menggunakan fitur readmode sangat mudah, anda hanya perlu membuka dokumen anda di ms Word  terlebih dahulu.  Selanjutnya anda klik tab VIEW dan klik tool Read Mode yang terdapat pada grup Views.

Setelah dokumen dalam posisi read mode anda bisa menggunakan fitur-fitur pada tab file, tools dan tab view. Anda bisa mengklik salah satu tab kemudian klik tools yang diinginkan. Misalnya anda ingin menampilkan panel navigasi, maka anda klik tab view dan klik  navigation pane. Dan panel navigasi halaman akan muncul. Berikut fitur-fitur lain beserta kegunaannya:

Tab VIEW
Cah Ngrupit
Edit document digunakan untuk keluar dari read mode dan kembali ke tampilan pengeditan dokumen (Print Layout).

Navigation pane difungsikan untuk menampilkan panel navigasi halaman. Dengan adanya panel ini anda bisa menavigasi heading, halaman atau pun mencari teks dalam dokumen. Bila anda ingin memilih halaman, maka silahkan anda tampilkan panel navigasi terlebih dahulu dan klik PAGES. Maka secara otomatis anda pilihan halaman.
Cah Ngrupit
Sedangkan jika anda ingin menemukan teks pada dokumen tersebut maka silahkan anda ketikkan  teks anda pada kotak pencarian (Search Dokumen) dan tekan enter. Selanjutnya akan muncul pilihan paragraph yang mengandung teks tersebut pada panel navigasi. Anda hanya perlu mengklik salah satu paragraph yang tersedia dan anda bisa menemukan teks yang anda cari.

Show comment digunakan untuk menampilkan komentar yang telah ditambahkan ke dokumen sebelumnya.

Column width digunakan untuk menampilkan satu, dua atau tiga halaman sekaligus pada satu layar penuh. Sebagai contoh misalnya anda ingin membuka tiga halaman sekaligus dalam satu layar, maka pastikan word terbuka dalam tampilan full screen (layar penuh), gunak Read Mode dan dengan zoom 100%. Selanjutnya anda klik tab VIEW, lalu Column Width dan pilihlah narrow.
Cah Ngrupit
Page Color digunakan untuk memberi warna pada halaman. Ini akan membuat halaman menjadi lebih menarik. Ada tiga pilihan warna yang bisa anda terapkan pada halaman anda, yaitu none (tidak bewarna atau putih), sepia dan invers.

Ketika anda menggunakan fitur ini anda tidak perlu kuatir, karena warna pada halaman hanya terlihat ketika anda menggunakannya dalam keadaan read mode.  Jadi tidak akan mengubah warna halaman pada dokumen anda.

Layout digunakan untuk memilih layout. Bila anda ingin membaca dokumen seperti anda membacanya pada kertas maka anda bisa memilih layout paper.

Tab File dan Tab tools
Pada tab Ffile anda bisa menemukan fitur-fitur yang biasa anda gunakan tampilan print layout. Seperti info, print, new, word options dan sebagainya. Sedangkan pada tab file ada fitur search bing (untuk melakukan pencarian di bing), dan find. Untuk fitur find kegunaannya sama dengan fitur pencarian pada navigation pane.

Related content