Cara membuat diagram boxplot (box & whisker) di Microsoft Word 2016

Cara membuat diagram boxplot di ms word 2016 yaitu, pertama langsung saja anda buka dokumen baru dan menonaktifkan fitur Compatibility Mode. Cara buka ms word, klik tab FILE, klik Info dan klik Convert. Karena untuk membuat diagram boxplot anda akan menggunakan fitur box & whisker. Fitur tersebut terdapat pada ms word versi terbaru (2016), jadi tidak tersedia pada mode compatibility mode.

Contoh diagram Box & Whisker
Cah Ngrupit
Setelah anda membuka dokumen di word (bukan compatibility mode), selanjutnya anda klik tab Insert dan klik Chart. Lalu anda akan melihat dialog box untuk insert chart muncul. Pada dialog box tersebut anda akan melihat beberapa pilihan model diagram, silahkan anda memilih Box & Whisker dan klik OK.

Lalu anda akan melihat diagram telah ditambahkan ke dokumen anda, selain itu anda juga akan melihat worksheet excel muncul dengan judul Chart in Microsoft Word. Pada worksheet tersebut berisi data untuk diagram tersebut.

Silahkan anda menghapus data pada worksheet tersebut dengan cara mengeblok seluruh data, lalu klik kanan mouse dan pilih Delete. Kemudian anda pilih entire column dan klik OK. Setelah worksheet kosong, silahkan anda masukkan data anda dan tutuplah worksheet. sebagai contoh anda lihat gambar data baru berikut.
Cah Ngrupit
Seusai anda menutup worksheet anda, maka anda akan mendapati diagram menjadi kosong (blank chart). Selanjutnya anda klik diagram yang kosong tersebut lalu klik tab Design (di atas tab ini terdapat keterangan Chart Tools).  Lalu anda klik Select Data.

Berikutnya muncul dialog box Select Data Source.  silahkan anda mengklik kolom Chart data range dan blok data anda yang ada pada worksheet dan klik OK. Sebagai contoh saya telah mem-blok data pada worksheet saya, hingga kotak chart data range berisi seperti gambar berikut.
Cah Ngrupit

Series option
Series option menampilkan berbagai pilihan untuk mengatur series (box) pada diagram. Seperti gap, penanda mean dan sebagainya. Untuk bisa mengatur series option, silahkan anda klik series (box/kotak pada diagram). Lalu anda klik kanan mouse dan klik Format Data Series.

Selanjutnya akan muncul panel format data series di bagian kanan jendela word anda dan anda bisa memilih pilihan-pilihan di bawah dengan cara mencentangnya atau pun mengkliknya.
Cah Ngrupit
Gap width untuk mengatur jarak antar kategori pada sebuah series.  Sederhananya digunakan untuk mengatur lebar box pada diagram.

Show inner points digunakan untuk menampilkan data point (titik data) antara garis whisker bawah dan garis whisker atas. Kalau dalam diagram anda akan melihat garis yang berada di ujung atas dan bawah box, itulah yang disebut dengan garis whisker.

Show mean marker digunakan untuk menampilkan penanda posisi mean (rerata) pada sebuah series yang telah dipilih/diklik.

Show mean line digunakan untuk menampilkan garis yang menghubungkan box dalam series yang dipilih.

Quartile calculation, pada bagian ini anda bisa memilih sebuah metode untuk penghitungan media. Ada dua pilihan yaitu inclusive median dan exclusive median.

Cara menambahkan keterangan pada diagram
Untuk menambahkan keterangan pada diagram silahkan anda mengklik diagram anda terlebih dahulu sehingga anda bisa melihat tab design dan format dari chart tools. Lalu anda klik tab Design dan klik fitur Add Chart Element dan pilih elemen apa yang ingin anda tambahkan.

Cara mengubah warna pada diagram
Anda klik bagian diagram yang ingin diubah warnanya. Lalu anda klik tab format (chart tools), selanjutnya anda klik shape fill untuk mengubah warna isi dan shape outline untuk mengubah warna garis tepi.

Related content