Bullets, numbering & multilevel list di Microsoft Word

Cara menggunakan Bullets, numbering & multilevel list di Microsoft Word

Bullets
Bullets yang berarti peluru digunakan sebelum anda membuat daftar tertentu. Symbol yang digunakan dalam bullets bisa berbagai macam. Sebagai contoh symbol yang sering digunakan yaitu tanda titik peluru (bullets), centang, strip, kubus kecil dan sebagainya.

Cara menggunakan bullets yaitu, setelah anda membuka ms word. Selanjutnya anda klik tool bullets (klik di mata panah), lalu anda pilih symbol yang ingin digunakan dalam bullets. Misalnya anda ingin menggunakan centang, maka anda hanya perlu mengklik centang.
Cah Ngrupit
Catatan: jika anda ingin menerapkan bullets pada teks yang telah anda buat sebelumnya, maka anda hanya perlu memilih (mem-blok) teks tersebut, lalu klik bullets dan pilih symbol yang diinginkan. Terakhir bullets akan muncul, anda bisa mengetikkan teks setelah bullets. Untuk memunculkan bullets berikutnya maka anda klik enter setelah anda selesai mengetikkan teks.

Cara mengganti symbol pada bullets
Apabila symbol yang anda inginkan tidak ada pada pilihan bullets, maka anda bisa memilih symbol lainnya. Caranya anda klik tool bullets, lalu anda klik Define New Bullets. Setelah dialog box terbuka, maka silahkan anda mengklik symbol…yang berada di bawah bullets character. Berikutnya anda bisa memilih symbol yang disukai dan klik OK, klik Ok.

Cara mengganti level 
Jika anda menggunakan bullets yang bercabang-cabang, maksudnya setiap bullet memiliki bullets lain di posisi setelah atau sebelumnya. Maka anda bisa mengatur posisi bullet sesuai dengan levelnya. Caranya tambahkan bullets, lalu klik bullet tersebut. Berikutnya anda klik tool bullets, lalu pilih Change list level dan terakhir pilih posisi bullet.

Numbering
Numbering mempunyai kegunaan kurang lebih sama dengan bullet. Akan tetapi jika dengan numbering anda bisa mengurutkan sebuah daftar dengan benar. Misalnya dari urutan 1 s/d 7 atau A hingga Z. cara menggunakan numbering pun juga sama dengan bulllets.

Yaitu anda klik tool numbering yang terdapat pada grup paragraph (tepat di mata panahnya). Lalu anda pilih format numbering yang anda inginkan. Untuk masuk ke nomor berikutnya, maka anda hanya perlu menekan enter.

Jika format nomor yang diinginkan tidak anda, maka anda klik tool numbering. Lalu anda klik define new number format. Setelah itu muncul dialog box, pada kotak number style silahkan anda pilih format angka. Pada bagian alignment silahkan anda pilih posisi numbering dan terakhir klik OK.

Catatan:
  • Anda bisa mengubah level nomor, tambahkan numbering, lalu anda klik nomor tersebut. Lanjutkan dengan mengklik tool numbering dan pilih change list level.
  • Jika anda ingin membuat numbering pada teks yang sudah diketik, maka anda harus mem-bloknya terlebih dahulu. 
Multilevel list

Di Word 2013, anda bisa membuat sebuah daftar dengan menerapkan bullets atau numbering pada paragraph dengan susunan yang rapi. Untuk membuat anda tidak perlu mengatur bullets atau numbering secara manual, karena anda bisa menggunakan tool multi-level list.

Pada multilevel list, baik bullet atau pun numbering digunakan secara bergantian dengan posisi (level) yang berbeda-beda. Cara menggunakannya anda klik tool multilevel list (tepah di panah). Lalu anda klik salah satu gaya multilevel yang anda mau.

Apabila format multilevel list tidak sesuai harapan anda, maka anda bisa membuat format baru. Caranya anda klik tool multilevel list, lalu pilih  Define New Multilevel List. Lalu dialog box akan muncul.

Pada kotak click level to modify anda bisa memilih level yang akan diubah. Setelah memilih level, maka anda bisa memilih format nomor pada kotak enter formatting for number. Jika format nomor yang diinginkan tidak tersedia, silahkan klik font dan pilih font sesuai.

Pada bagian position anda bisa mengatur posisi bullets atau number. Terakhir anda bisa mengklik OK.