Microsoft Word 2013 – Insert – Menyisipkan, memasukkan & membuat

Saat anda membuka ms word 2013, lalu anda mengklik tab Insert, maka anda akan melihat beberapa tools pada ribbon. Berikut tools tersebut beserta kegunaannya.

Pages

Cover page untuk menambahkan halaman cover pada dokumen.

Blank page untuk menyisipkan halaman kosong pada dokumen anda

Page break digunakan untuk mengisyaratkan agar teks yang diketikkan berikutnya masuk pada permulaan halaman yang baru

Tables  untuk menyisipkan/membuat dan juga memformat tabel.

Illustrations

Pictures untuk menyisipkan foto dari koleksi foto anda di computer (perangkat yang sedangkan digunakan).

Online pictures, untuk menyisipkan foto dari internet secara langsung. Untuk menggunakannya anda memerlukan koneksi internet.

Shape untuk menggambar bentuk-bentuk tertentu atau pun bentuk bebas.

SmartArt untuk menyisipkan smarart. Anda bisa menggunakan tool ini untuk membuat, struktur organisasi, bagan, proses dan semacamnya. Tujuannya agar informasi lebih mudah dipahami.

Chart untuk membuat grafik (chart) dan juga diagram. Anda bisa membuat diagram batang, garis, pie (lingkaran, XY (Scatter), stock surface, radar dan juga combo.

Screenshot untuk mengambil gambar (screenshot) dari jendela/layar computer yang sedang aktif, kemudiannya menambahkan gambar tersebut ke dokumen anda.

Apps untuk menyisipkan aplikasi ke dokumen anda, untuk mempermudah anda mengerjakan dokumen. Misalnya anda bisa menambahkan aplikasi sticky note.

Media (Online video) untuk mencari dan menyisipkan video dari internet secara langsung dari berbagai sumber.

Links

Hyperlink untuk membuat link agar melengkapi dokumen anda. Dengan demikian anda bisa mengakses situs atau file lainnya dengan mudah.

Bookmark untuk mempermudah melompat dari satu bagian ke bagian lainnya pada dokumen yang sama. untuk menggunakan tool ini, maka anda juga harus menggunakan tool hyperlink.

Cross-reference digunakan untuk membuat referensi silang, sehingga memungkinkan anda membuat link ke item tertentu di dokumen yang sama. cross-references akan membawa anda ke item yang direferensikan.

Comments untuk memberi catatan (komentar) pada bagian dokumen. Misalnya member komentar pada sebuah paragraph.

Header & Footer  

Header digunakan untuk membuat konten tertentu pada header (bagian atas dari halaman) agar muncul secara berulang pada halaman lain.

Footer memiliki fungsi kurang lebih sama dengan header. Perbedaannya jika header berada pada bagian atas dari halaman, maka footer berada di bagian bawah.

Page Number untuk menambahkan nomor halaman.

Text

Text box menyisipkan sebuat text box. Sehingga anda bisa menulis teks pada box tersebut, kemudian anda bisa mengatur posisi text dan juga memformatnya.

Quick part untuk membuat dan menyimpan bagian-bagian tertentu. Sehingga anda bisa menggunkan kembali bagian tersebut dengan cepat. Anda juga menambahkan property dokumen dengan cepat. Misalnya menambahkan  author, abstrak atau lainnya.

WordArt untuk membuat teks lebih menonjol dari pada yang lain. Anda bisa menambahkan efek pada teks atau kotak teks untuk membuatnya jauh lebih menarik teks lainnya.

Drop Cap untuk membuat huruf (teks) menjadi lebih besar dari pada ukuran huruf yang ada pada barisannya. Misalnya anda bisa membuat sebuah huruf di awal paragraph untuk memiliki ukuran sepanjang tiga baris.

Signature line untuk menyisipkan tanda tangan pada dokumen. Sehingga dokumen anda bersifat lebih personal.

Date & Time untuk menyisipkan hari dan tanggal pada dokumen anda.

Object untuk menyisipkan object ke dokumen. Seperti Microsoft Visio macro enable drawing, Microsoft excel worksheet dan lainnya.

Symbols

Equation untuk menyisipkan persamaan matematika ke dokumen.

Symbol untuk menyisipkan symbol.

Related content