Cara membuat daftar isi (table of content) di Microsoft Word 2013 & 2016

Cara membuat daftar isi di word - Ada tiga tahapan untuk membuat daftar isi (TOC) di ms Word. Yaitu, pertama anda harus menandai setiap teks dari dokumen anda yang ingin anda masukkan dalam daftar isi. Kedua. Setelah anda selesai menandai teks, maka selanjutnya anda bisa memasukkan daftar isi.

Ketiga anda bisa memperbarui daftar isi, hal in diperlukan jika anda telah melakukan perubahan pada dokumen setelah tahap kedua. Jika anda tidak melakukan perubahan sedikit pun pada dokumen maka tahapan ketiga ini tidak harus anda lakukan.

Contoh gambar daftar isi
Cah Ngrupit
Keterangan : pada gambar daftar isi di atas, masing-masing teks telah ditandai sesuai dengan level yang diinginkan. Misalnya text 1 dan text 7 termasuk dalam level 1. Begitupun selanjutnya. Berikut detai cara membuat daftar isi.

Tahap 1 - Cara menandai teks sesuai level

Caranya anda blok teks yang diinginkan, selanjutnya anda klik tab REFERENCES. Setelah itu anda klik Add text yang terdapat  pada kotak table of content. Lalu anda klik salah satu levelnya. Misalnya level 1. Lakukan hal tersebut pada seluruh teks yang ingin dimasukkan dalam daftar isi. Silahkan anda melakukannya satu persatu hingga selesai.
Cah Ngrupit

Catatan: biasanya level yang muncul hanya sampai level ketiga saja. Untuk menambahkannya level 4,5,6, 7 dan seterusnya, maka anda klik tab REFERENCES. Lalu anda klik Table of contents. Selanjutnya klik custom table of contents…. Setelah muncul jendela TOC, maka anda bisa mengubah angka level pada kotak Show levels. Terakhir klik OK.

Tahap 2 – Menambahkan daftar isi

Seusai menandai teks, maka pastikan kursor anda berada pada halaman khusus. Yang mana pada halaman tersebut anda ingin membuat/menambahkan daftar isi. Lalu anda klik tab REFERENCES, klik Table of contents dan klik salah satu format TOC yang anda sukai.  Misalnya Automatic Table 1.

Apabila format daftar isi yang anda butuhkan tidak ada, maka anda bisa mengklik custom table of contens… seusai muncul jendela TOC, maka anda bisa mengubah format pada kolom Formats. Dan klik OK.

Tahap 3 – memperbarui daftar isi dokumen

Jika anda melakukan perubahan pada dokumen setelah membuat daftar isi, maka anda wajib meng-update daftar isi anda. Apapun bentuk perubahan yang anda lakukan, maka sebaiknya anda melakukkannya.

Cara memperbaruinya, anda klik daftar isi yang telah anda buat. Lalu anda klik tab REFERENCES. Berikutnya anda klik Update Table. Selanjutnya anda klik update page number only untuk memperbarui nomor halaman pada daftar isi. Jika anda ingin memperbarui seluruh isi daftar isi, maka pilihlah update entire table dan klik OK.

Related content