Cara membuat diagram,grafik atau chart di Microsoft Word 2013

Untuk chart (diagram & grafik) maka anda harus membuka program ms Word 2013. Selanjutnya anda bisa klik tab INSERT. Kemudian anda klik Chart pada grup illustrations.
Cah Ngrupit
Setelah jendela insert chart muncul, maka anda pilih salah satu kategori chart. Misalnya untuk membuat diagram batang, maka anda bisa mengklik kategori Column. Lalu anda pilihmodel diagram yang anda inginkan (2D atau 3D). Untuk model 2D anda bisa memilih clustered column atau stacked column. Dan terakhir anda klik OK.
Cah Ngrupit
Dan anda akanmelihat diagram secara otomatis ditambahkan ke dokumen anda. Selain itu anda akan juga akan melihat worksheet excel muncul. Nah, pada worksheet tersebut dapat memasukkan data anda. Berikutnya anda bisa memformat diagram anda. Anda bisa memformat warna diagram, teks pada diagram, gap diagram dan sebagainya.

Cara mewarnai diagram, chart atau grafik
Anda bisa mewarnai setiap bagian pada diagram. Sebagai contoh anda ingin mewarnai batang pada diagram anda. Maka anda hanya perlu mengklik batang diagram. Selanjutnya klik tab FORMAT (CHART TOOLS).

 Lalu anda klik Shape fill dan pilih warna yang anda sukai. Maka warna batang diagram akan berubah secara otomatis.Anda bisa memilih shape fill tersebut tujuannnya untuk mengubah warna isi (bagia dalam) dari batang diagram. Jika anda ingin mengubah warna garis tepinya maka anda bisa memilih shape outline.

Ingat!
Tab FORMAT hanya muncul ketika anda sudah mengklik salah satu bagian dari diagram anda.
Cara memberi keterangan (element baru) pada diagram, chart atau grafik

Silahkan anda klik mengklik diagram anda terlebih dahulu. Lalu anda klik tab DESIGN (pada chart tools). Selanjutnya anda klik Add Chart Element. Selanjutnya anda klik element yang ingin anda tambahkan dan pilih diposisi mana anda ingin menambahkan element tersebut.

Sebagai contoh anda ingin menambahkan judul pada diagram, chart atau grafik. Maka anda klik Add Chart Element, lalu anda klik Chart Title, pilih above chart untuk menambahkan judul di atas grafik. Ada beberapa elemen yang bisa anda tambahkan pada diagram, chart atau grafik anda. Yaitu meliputi:

Axes untuk menambahkan keterangan pada sumbu di grafik anda
Axis title untuk menambahkan juduk pada setiap sumbu dari grafik/diagram anda
Chart title untuk membuat judul grafik atau diagram
Data labels untuk memberikan labels sesuai dengan data anda pada bagian grafik
Data tables untuk menambahkan tabel dari data anda pada grafik
Error bars garis yang melalui titik pada grafik. Garis tersebut sejajar pada salah satu sumbu grafik anda. Error bars digunakan untuk mewakili kesalahan pada titik koordinat grafik.
 Gridlines untuk menambahkan garis samar di belakang grafik.
Legend untuk menambahkan legend pada grafik atau diagram.
Lines untuk menambahkan garis pada diagram atau grafik
Trendline  untuk menambahkan garis trendline pada diagram atau grafik anda.
Up/down bar untuk menambahakn updown bars

Beberapa jenis bentuk chart yang bisa anda buat di Word 2013, seperti:
Column untuk membuat diagram batang vertical.
Line untuk membuat diagram atau grafik garis.
Pie untuk membuat diagram lingkaran.
Bar untuk membuat diagram batang horizontal.
Area
XY (scatter) untuk grafik xy
Stock untuk membuat grafik stok
Surface untuk membuat grafik permukaan
Radar untuk membuat grafik radar
Combo untuk membuat grafik gabungan, yaitu gabungan dari beberapa grafik. Misalnya, gabungan diagram batang dan grafik garis

Related content