Tutorial Lengkap Microsoft Word 2013

Cara membuka program Microsoft Word 2013 
Setelah komputer anda menyala, langsung saja anda klik start menu (icon windows). Kemudian anda klik All Program. Lalu pilih folder Microsoft Office 2013. Berikutnya anda klik Word 2013.

Dan program Microsoft Word 2013 pun secara otomatis akan terbuka. Selanjutnya anda akan melihat beberapa pilihan template. Jika anda ingin membuat dokumen anda sendiri maka anda dapat memilih Blank Document (tidak membutuhkan koneksi internet).

Akan tetapi jika anda ingin menggunakan template maka anda bisa mengklik salah satu template yang tersedia dan klik Create. Atau anda bisa menggunakan kotak search for online template untuk mencari template lain (fitur ini membutuhkan koneksi internet).

Setelah Word 2013 terbuka dan anda mulai membuat dan mengelola dokumen anda, maka anda juga akan melihat beberapa tab yang tertera pada ribbon tabs. Yaitu:

FILE
Info berisi tentang informasi dokumen, seperti convert (from compatibility mode), proteksi, properti dan lain-lain.

New untuk membuka sebuah dokumen kosong yang baru, anda bisa membuka blank document atau template.

Open untuk membuka file word.

Save untuk menyimpan dokumen baru, atau pun dokumen lama yang baru saja diperbarui.

Save as untuk menyimpan dokumen baru dan menyimpan dokumen lama dalam file yang baru.

Baca selengkapnya: Cara menyimpan file

Print untuk melihat print preview, mengatur dokumen sebelum anda mencetaknya dan kemudian anda bisa langsung mencetaknya. Pengaturan percetakan yang dapat anda lakukan seperti, jumlah salinan dokumen yang diinginkan (copies), memilih printer dan lainnya.

Share untuk berbagi dokumen. Anda bisa mengirimkannya ke teman melalui email, penyajian online atau pun mempostingnya ke blog.

Export untuk mengexport dokumen dalam format lain. Misalnya anda bisa membuat dokumen dalam versi pdf/xps dengan memilih Create PDF/XPS document.

Close untuk menutup jendela Microsoft word.

Account untuk sign in ke akun Microsoft anda. Selain itu anda juga bisa mengganti theme office dan anda juga dapat melihat mengenai informasi produk yang sedang anda gunakan (Microsoft Word).

Options untuk membuka jendela word options. Sehingga anda bisa menyesuaikan pengaturan word anda. Seperti pengaturan general, proofing, penyimpanan, themes & background, bahasa, pengaturan lanjutan, penyesuaian ribbon, add-ins dan sebagainya.

Selain tab file di Microsoft Word 2013 anda juga akan melihat beberapa tab lain, yang masing-masing memuat tool/fitur yang berbeda. Untuk itu saya akan membahas pada artikel yang berbeda untuk masing-masing tab.

Tab lainnya HOME  ,  INSERT,  DESIGNPAGE LAYOUT,  REFERENCES,  MAILING,  REVIEW,  VIEW,  DEVELOPER , FORMAT (DRAWING TOOLS), FORMAT (PICTURE TOOLS)