Drawing tools - Microsoft Office 2013

Di Microsoft office 2013 (ms word, ms PowerPoint, ms excel) anda bisa memformat gambar shapes, WordArt & Text Box menggunakan drawing tools. Untuk bisa melihat tool ini anda harus menggambar object terlebih dahulu (shapes, WordArt & Text Box).

Kemudian anda klik gambar tersebut, dan anda akan melihat tab format muncul. Setelah tab format muncul anda akan melihat tools seperti di bawah muncul. Dan anda bisa menggunakan tools terseut untuk memformat gambar anda.

Contoh
Di bawah ini adalah gambar yang telah di format menggunakan drawing tool. Adapun tool yang digunakan adalah insert shape (rectangle) dan shape effects yaitu glow variations dan preset 10.
Cah Ngrupit
INGAT!!!
Drawing tool (tab Format) hanya muncul ketika anda sudah mengklik object (shape, wordart atau text box).
Cah Ngrupit

Beberapa  tool untuk memformat gambar shape, yaitu:

Insert Shape alat ini digunakan untuk menggambar berbagai macam bentuk. Dalam kotak insert shape anda akan melihat berbagai macam bentuk icon yang masing-masing memiliki kegunaan. Misalnya icon garis untuk menggambar garis, icon 5-stars (bintang) untuk menggambar bintang dan sebagainya.

Edit Shape alat ini berfungsi untuk mengedit gambar (shape) yang telah anda buat sebelumnya menjadi bentuk lain atau bentuk tertentu. Misalnya anda telah menggambar lingkaran sebelumnya.

Kemudian anda ingin mengubah dari bentuk lingkaran menjadi bentuk persegi, maka anda hanya perlu menggunakan edit shape, lalu klik Change Shapes dan pilih shape (bentuk) yang anda inginkan. Dan anda akan mendapati bentuk secara otomatis telah berubah.

Atau jika anda ingin mengubah bentuk lingkaran menjadi bentuk hati, maka anda bisa menggunakan edit shape. Selanjutnya anda bisa memilih edit points. Dan anda akan melihat titik di sekeliling  bentuk lingkaran. Lalu anda hanya perlu mengklik titik tersebut dan menyeretnya ke arah yang anda inginkan.

Draw Text Box  digunakan untuk menggambar kotak dimana anda bisa mengetikkan teks dalam kotak tersebut. Anda bisa menggambar text box dimana pun yang anda inginkan.

Shape Styles dalam kotak shape styles biasanya anda akan melihat beberapa contoh gaya shapes yang bisa anda terapkan pada gambar shapes anda.

Shape Fill, fitur ini digunakan untuk mengubah warna isi dari shape anda (hanya bagian isi, tidak termasuk garis tepi).

Shape Outline, tool ini berfungsi untuk mengganti warna garis tepi pada shape anda (hanya garis tepi, tidak termasuk bagian isi).

Shape Effects digunakan untuk memberikan efek pada shape. Efek yang bisa diberikan yaitu;
Preset (efek yang telah ditetapkan),
Shadow  untuk  mengatur bayangan,
Reflection (menetapkan refleksi/pemantulan),
Glow (untuk memberi sinar atau cahaya di sekitar shape),
Soft Edges (mengaburkan warna pada tepian shape, jadi terlihat lebih lembut),
Bevel (untuk memiringkan shape), dan
3-D Rotation (untuk merotasi bentuk tiga dimensi),

WordArt Styles alat ini digunakan untuk memformat teks pada object (baik teks pada shape, tex box atau lainnya yang anda tulis sendiri). Pada kotak WordArt Styles anda akan melihat beberapa contoh gaya WordArt yang bisa diterapkan pada teks anda.

Text Fill berfungsi untuk mengubah warna pada bagian dalam huruf (pada texbox/wordart).

Text Outline untuk mewarnai garis tepi pada huruf anda(pada teks/wordart).

Text Effects  untuk memberikan efek visual pada teks anda. Text effect dapat memberikan efek  shadow (bayangan), reflection (pemantulan), glow (sinar), bevel  (kemiringan), 3-D  Rotation (rotasi) dan juga transform (bentuk teks).

Bring Forward, untuk membawa obyek  ke depan object lain. Sehingga objek yang telah terpilih tersebut sedikit menutupi atau menghalangi objek lainnya. Tool  ini dapat anda terapkan jika anda memiliki lebih dari satu gambar shape, text atau object lainnya.

Send Backward tool ini memiliki fungsi kebalikan dari fungsi bring forward. Send backward digunakan untuk membawa object terpilih satu level ke belakang objek lainnya.

Selection Pane digunakan untuk menampilkan panel object. Dengan memunculkan selection pane akan memudahkan anda dalam memilih object. Terutama jika anda menggunakan banyak object dalam gambar anda.

Align digunakan untuk mengubah penempatan object pada halaman. Apakah anda ingin menempatkan object di sebelah kiri (align left )pada halaman, align center (tengah halaman) atau lainnya.

Group digunakan untuk menggabungkan beberapa object sehingga menjadi satu object yang utuh.

Rotate berfungsi untuk merotasi object.

Size untuk mengatur ukuran object, termasuk panjang dan lebar object.

Text Direction berfungsi untuk mengubah arah teks, apakah horizontal, dirotasi 90 derajat atau 270 derajat.

Align Text  mengatur penempatan teks pada object.

Create Link membuat link

Position untuk mengatur posisi dimana object akan muncul pada halaman anda.

Wrap text mengatur bagaimana teks yang ada diluar object menyelimuti object. Misalnya anda menambahkan gambar shape pada sebuah halaman yang berisi penuh teks. Apakah anda ingin menempatkan object dibelakang teks atau lainnya.

Related content