Microsoft Publisher 2007 - mengenal Toolbars Picture

Toolbars picture ini biasanya muncul ketika anda mengklik object gambar (gambar, clipart atau pun frame) pada desain anda.  Setelah anda mengklik object selainnya maka toolbars picture akan otomatis tersembunyi.

Meskipun demikian anda dapat menampilkannya dan menempelkannya pada navbar agar berdampingan dengan tool lainnya. Cara menampilkan toolbars picture yaitu anda klik tab “View”, lalu klik “Toolbars” dan klik “Picture”.

Setelah toolbars muncul anda bisa menyeret (drag) ke arah navbar, jadi toolbars picture bisa menempel pada navbar. Dan anda akan selalu dapat melihatnya meskipun anda tidak sedang mengklik object gambar apapun.

Penggunaan:
Untuk menggunakan fitur-fitur pada toolbar, maka anda harus mengklik object gambar terlebih dahulu. Baru anda mengklik salah satu tombol pada toolbars yang mewakili setiap fitur.

Catatan:
 Jika anda baru akan memasukkan gambar, maka anda bisa secara langsung menggunakan tombol pada toolbars tanpa perlu mengklik object.

Ada beberapa tombol pada toolbars picture. Yaitu: Insert Picture, Insert Picture from camera or scanner, Color, More contrast, Less contrast, More brightness, Less brightness, Crop , Line/ border style, Compress pictures, Text wrapping, Format picture, Set transparent color dan Reset picture
publisher 2007 toolbars picture
Keterangan:
Insert Picture untuk menyisipkan gambar dari koleksi gambar di computer anda.
Insert Picture from camera or scanner untuk menyisipkan gambar dari scanner atau kamera yang telah terhubung ke computer anda.

Color untuk mengubah warna gambar. Ada empat pilihan warna gambar. Yaitu, automatic (original, asli), grayscale (abu-abu), black anda white (hitam putih) dan washout (buram).

More contrast, menambah kontras agar perbedaan warna pada setiap bagian gambar semakin terlihat jelas.

Less contrast, mengurangi kontras agar perebedaan warna pada setiap detil gambar tidak terlalu kelihatan.

More brightness untuk menambah kecerahan gambar.
Less brightness untuk mengurangi kecerahan gambar.

Crop untuk memotong gambar. Ketika anda mengklik fitur ini maka anda akan melihat border jelas pada sisi gambar yang bisa anda gunakan untuk mempersempit atau memperluas area gambar yang terlihat.

Line/ border style untuk memilih ketebalan garis batas tepi gambar. Anda bisa memilih no line jika anda ingin menghilangkan garis border. Atau anda bisa mengklik salah satu ukuran border untuk memberi border yang sesuai.

Compress pictures, untuk menekan ukuran gambar agar sesuai dengan kebutuhan. Misalnya anda ingin menyisipkan gambar tersebut ke internet, maka anda dapat mengkompresnya dengan target output “Web”.  Perlu anda tahu, mengkompress gambar kemungkinan dapat mempengaruhi kualitas gambar anda.

Text wrapping, untuk membalut/membungkus gambar

Format picture untuk memformat picture.  Dengan fitur ini anda bisa memformat warna (color), garis (line), size (ukuran), layout,  picture (crop, contrast, brightness, compress dll) dan sebagainya.

Set transparent color untuk memberi efek transparent pada gambar.

Reset picture, untuk mengatur balik gambar agar seperti semula ketika anda pertama kali menyisipkannya.