Microsoft Word – Page Setup – Cara Mengatur Margins, Paper & Layout

Di jendela page setup anda bisa mengatur margin (batas), paper (kertas) dan layout. Cara memunculkan jendela page setup yaitu anda lakukan double klik pada mistar (ruler). Dan jendela page setup pun akan muncul.
Cara mengatur margin
Cara lain: klik tab “Layout” atau "Page Layout", lihat grup “Page setup” dan klik mata panah yang ada di sudut kotak grup page setup.

Margins
Margin, anda bisa menentukan margin atau batas di jendela page setup (pada tab “margins”).  Anda bisa memasukkan margin pada kotaknya masing-masing. Yaitu: top (margin atas), bottom (margin bawah), right (margin kanan) dan left (margin kiri).

Gutter. Pada bagian margin anda juga akan melihat pengaturan gutter. Gutter digunakan untuk memberi ruang ekstra pada sisi margin, tujuannya untuk memastikan agar konten halaman yang berada di dekat gutter tidak terpotong (kabur).

Secara default, di word pengaturan gutter yang digunakan adalah nol. Setelah mengatur gutter, anda juga harus memilih posisi gutter pada bagian position.

Page orientation, pada bagian ini anda bisa menentukan posisi kertas. Anda bisa mengatur halaman menjadi portrait atau landscape. Jika anda memilih portrait maka anda dapat membuat halaman berdiri (tegak), Sedangkan untuk landscape anda bisa membuat posisi kertas menjadi mendatar (tidur).

Paper (kertas)
Ada beberapa pilihan ukuran atau dimensi kertas yang tersedia di Word. Jadi anda bisa mencetak dokumen pada kertas yang anda miliki, asalkan printer anda memiliki kemampuan untuk mencetak pada kertas yang anda inginkan.

Beberapa pilihan ukuran kertas yang tersedia yaitu: letter, tabloid, legal, executive, A3, A4, B4 (JIS), B5 (JIS), Envelope #10, Envelope Monarch dan custom size. Jika ukuran kertas yang anda gunakan tidak tersedia maka anda bisa memilih “Custom size”. Kemudian anda bisa menyesuaikan width (lebar) dan height (tinggi).

Layout
Pada bagian layout, anda bisa mengatur section start, header and footer, batas tepi header ( from edge), page dll.

Wajib dibaca!!!
Setelah anda mengatur page setup, misalnya anda telah selesai mengatur margin. Maka selanjutnya adalah memilih di halaman mana anda ingin menerapkan pengaturan tersebut. Anda bisa memilihnya pada bagian “Apply to”.

Anda bisa memilih whole document untuk menerapkan pengaturan pada seluruh halaman, selected sections untuk bagian yang di pilih saja (bagian yang di blok) atau this point forward  agar pengaturan mulai diterapkan pada halaman selanjutnya.

Related content