Microsoft Publisher 2007 – mengenal Toolbar “Format Publication”

Untuk menampilkan toolbar format publication sangatlah mudah. Caranya anda klik tab “Format” dan klik “Format Publication”. Ada beberapa tombol dropdown di toolbar tersebut, yaitu Page Options, color schemes, font schemes dan publication options. Setiap tombol memiliki kegunaan masing-masing.
publisher 2007 format publication
Keterangan:

Page options dapat anda gunakan untuk menambahkan object yang disarankan. Pada semua template selalu ada object yang disarankan untuk ditambahkan ke desain anda. Object yang disarankan untuk setiap template bisa saja sama atau berbeda antara setiap template.

Misalnya bila anda sedang menggunakan template “Invitation card”, maka anda akan melihat subject yang disarankan berupa logo. Cara menggunakannnya anda cukup mengklik “Page options”. Lalu di bawah tulisan “Suggested objects” anda klik icon object. Dan object yang dimaksudkan pun akan ditambahkan ke desain.

Color scheme digunakan untuk mengubah warna desain publikasi anda. Masing-masing scheme warna memiliki kombinasi warna yang berbeda. Untuk menggunakannya anda klik “Color schemes” dan klik salah satu scheme warna yang diinginkan.

Apabila anda ingin membuat kombinasi warna sendiri, maka anda klik  “Color schemes” dan klik “Create new color scheme”. Berikutnya akan muncul jendela “Create new color scheme”. Lalu anda pilih warna utama (main), warna setiap aksen dan juga hyerlink. Jangan lupa untuk memberi nama untuk scheme warna anda dan klik “Save” untuk menyimpan.

Font scheme, digunakan untuk memformat gaya huruf pada teks di desain anda. Biasanya setiap scheme akan memiliki gaya huruf berbeda untuk kepala dan badan teks (heading font & Body font).

Untuk menggunakannya anda cukup mengklik “Font scheme”, lalu anda klik salah satu font scheme yang anda. Jika anda ingin membuat kombinasi font sendiri, silahkan anda mengklik “Create new font scheme”

Publiacation options. Bagian publication options ini selalu berubah sesuai dengan template yang anda gunakan. Misalnya anda menggunakan template calendar, maka tulisan publication options akan menjadi “Calendar options”.

Pada bagian publication options tersebut anda bisa mengganti template (change template) dan mengatur ukuran dan posisi kertas (page size).

Related content