Cara membuat dinding di SketchUp

Cara membuat dinding di Google SketchUp cukup mudah. Anda hanya perlu mendesain lantainya terlebih dahulu. Kemudian anda berikan ruang ditepi atau di area dimana anda ingin menempatkan dinding.

Selanjutnya anda bisa memanfaatkan tool push/pull. Untuk cara detailnya anda bisa melihat pada contoh berikut. Pertama-pertama silahkan anda membuat desain lantai dan berikan ruang dinding.
Cah Ngrupit
Sebagai contoh anda bisa melihat desain lantai pada gambar. Untuk membuatnya desain lantai tersebut anda bisa menggunakan tool  line atau pun tool rectangle. Pada contoh desain lantai tersebut saya memberikan ruang untuk dinding di sekeliling persegi.

Ketebalan dinding yang saya inginkan adalah 0.1 m (10 cm). Maka saya membuat ruang untuk dinding setebal 0.1 m di sekeliling lantai. Lalu anda bisa view menjadi iso view, dengan cara mengklik icon tool Iso view (Cah ngrupit).

Tahap selanjutnya anda bisa mengklik icon untuk tool push/pull  (Cah ngrupit)

Lalu kursor anda pun akan berubah menyerupai tool push/pull. Setelah itu anda arahkan kursor ke area desain dinding hingga muncul motif titik-titik pada desain tersebut. Selanjutnya anda drag (klik dan seret) ke atas hingga ketinggian dinding yang anda inginkan.
Cah Ngrupit

Tips:
Jika anda kesulitan menemukan tool push/pull, maka anda bisa mengklik tab Tools, lalu anda klik Push/Pull. Atau cara cepatnya anda bisa mengklik huruf P pada keyboard anda.

Cara mudah memasukkan ukuran ketinggian dinding yaitu,silahkan anda mengklik tool push/pull, lalu anda klik area dinding, dan drag ke atas. Dan langsung anda ketikkan angka lalu tekan enter. Anda bisa melihat angka yang anda ketikkan di susut kanan bawah, kolom distance.

Baca juga tutorial :
Cara membuat lubang di Google SketchUp 

Related content