Cara mengubah file publisher ke word

Mengerjakan project-project publishing, seperti brosur, leaflet, label dan sebagainya memang lebih mudah dikerjakan di Microsoft Publisher. Lalu bagaimana jika anda membutuhkan file publisher tersebut dalam format word. Sepengetahuan saya ada empat cara untuk mengubah file publisher ke word

Cara mengubah file publisher ke word

Cara pertama –  Copy-paste

Menyalin semua object pada halaman Microsoft publisher (meng-copy), lalu menempelkannya di lembar kerja Microsoft word dengan menggunakan “Paste Special”.  Caranya anda blok seluruh object yang terdapat dalam halaman Microsoft publisher, lalu copy (tekan CTRL+C pada keyboard).

Selanjutnya anda buka program Microsoft word, lalu paste kan di halaman word (tekan Alt+CTRL+V pada keyboard).  Setelah jendela paste special terbuka, maka anda hanya perlu memilih “Picture (Enhanced Metafile) dan terakhir anda klik “OK”

Cara kedua – simpan sebagai file word

Anda dapat menyimpan file publisher sebagai file Microsoft word. Caranya anda klik tab “File”. Lalu anda klik “Save as”. Setelah jendela save as muncul, silahkan anda pilih di folder mana anda ingin menyimpan file, lalu beri nama pada file anda dan jangan lupa pada bagian “save as type” silahkan anda memilih “Word” dan terakhir tekan “Save”

Cara ketiga – simpan sebagai file gambar

Menyimpan file publisher dalam bentuk gambar (JPEG, PNG dll), kemudian menyisipkannya di Microsoft word . Caranya klik tab “File”, klik “Save as”, lalu pada kotak “save as type”  silahkan anda pilih format gambar ( contohnya PNG atau JPEG) dan terakhir klik “Save”.

Lalu buka Microsoft word , klik tab “Insert” , lalu klik “Picture” dan pilihlah gambar yang telah anda simpan tadi.

Cara keempat – gunakan software atau layanan converter

Anda dapat menggunakan converter yang memang berfungsi untuk mengubah file publisher ke format word. Anda bisa menggunakan software khusus atau pun layanan tools online. Sebagai contoh layanan dari situs zamzar